TamanPendidikan.com - Keberadaan landak jawa sedang berada dalam kondisi terancam punah. Perburuan liar jadi pangkal sebab berkurangnya populasi landak jawa.

Di Indonesia sendiri, ada lima jenis landak yang berhasil diidentifikasi sebagai hewan endemik atau asli Indonesia, yaitu landak raya (Hystrix brachyura), landak sumatra (H. sumatrae), landak jawa (H. javanica), landak butun (H.c rassipinnis), dan landak angkis/ekor panjang (Trichys fasciculata). Landak jawa atau dalam bahasa Inggris disebut Sunda porcupine tergolong satwa Indonesia yang menjadi aset penting dari keanekaragaman hayati.

https://www.instagram.com/mongabay.id/

Perburuan kepada landak dilakukan karena hewan pengerat ini memiliki geliga (batu mustika) yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit ganas seperti kanker.  Harga batu mustika landak jawa dibanderol dengan besaran Rp 500 ribu - Rp 1 juta per gram. Padahal hingga saat ini keberadaan serta khasiat dari batu geliga pada landak belum dapat dibuktikan secara medis.

Bukti nyata  landak jawa yang banyak diburu untuk diambil mustikanya diunggah oleh akun Instagram @mongabay.id di Instagram. Dalam video terlihat landak-landak yang sudah diambil batu mustikanya tampak terbujur kaku karena mati. Tak hanya menunjukkan proses pembedahan landak jawa untuk diambil batu mustikanya, di video itu juga terlihat sang perekam menunjukkan bentuk dari batu mustika landak jawa yang menjadi incaran.

https://www.instagram.com/mongabay.id/

Menyaksikan video itu, warganet pun memberikan tanggapan yang beragam. Namun sebagian besar dari mereka menunjukkan keprihatinan saat melihat banyak landak yang mati hanya untuk diambil batu mustikanya saja yang bahkan belum ada bukti nyata kalau batu mustika itu benar-benar berkhasiat bagi kesehatan.   

Obatnya perbaiki pola makan sedini mungkin, padahal penyakitny karena ulah sendiri, giliran udah sakit nyari obatnya modal kepercayaan👊🏻”, komentar akun @19x52 yang merasa geram saat menyaksikan aksi orang-orang yang tak bertanggung jawab membuat landak jawa semakin langka.

Otak mana otak Sdm nya ga pernah menerima edukasi semua segala hewan satwa di habiskan demi kepentingan dn keserakahan manusia🤦🏽”, ujar akun @mnurkry yang juga meluapkan kekesalannya terhadap keserakahan manusia saat menangkap landak untuk diambil batu mustikanya yang konon sangat bermanfaat bagi kesehatan.