Sains

Viral Foto Meteor Jatuh di Puncak Gunung Merapi, Ini Penjelasan BPPTKG

CCTV yang berada di Deles (sisi timur Gunung Merapi) sempat merekam kilatan cahaya pada tanggal 27 Mei 2021 pukul 23.08.10 WIB

TamanPendidikan.com - Meteor merupakan sebutan untuk menyebutkan benda yang jatuh dari luar angkasa. Fenomena meteor jatuh ke planet bumi bukan hal baru. Terekam beberapa kali kasus meteor jatuh ke bumi salah satunya yang terkenal adalah kawah meteorit vredefort di Afrika Selatan kawah meteorit Sudbury di Ontario, Kanada. Akan tetapi tahukah anda ada penampakan meteor terpantau di salah satu Landmark terkenal di Yogyakarta?

Foto kilatan yang nampak seperti bintang jatuh di puncak Gunung merapi tersebut awalnya diposting oleh akun instagram @Gunarto_Song. Foto tersebut kemudian viral dan telah direpost oleh banyak akun di sosial media.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/CPZ6JKPD2I3/

Terkait viralnya Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) pun angkat bicara.

"Hari ini di media sosial beredar foto yang ditengarai foto benda langit yang sedang jatuh di sekitar Gunung Merapi. Sehubungan dengan beredarnya berita tersebut, dapat kami sampaikan bahwa kamera CCTV yang berada di Deles (sisi timur Gunung Merapi) sempat merekam kilatan cahaya pada tanggal 27 Mei 2021 pukul 23.08.10 WIB," tulis akun @BPPTKG di instagramnya.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/CPZ6JKPD2I3/

Menurut pantauan BPPTKG, tidak terdapat sinyal yang signifikan dari data kegempaan dan tidak dilaporkan terdengar suara atau terlihat kilatan cahaya dari pos-pos pemantauan Gunung Merapi.

"Salah satu tugas BPPTKG-PVMBG-Badan Geologi adalah melakukan mitigasi Gunung Merapi, namun kami tidak memiliki tugas untuk mengamati benda langit sehingga kami tidak bisa memastikan benda apa yang terlihat dalam gambar tersebut," tulisnya lagi.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/CPZ6JKPD2I3/

Aktivitas vulkanik Gunung Merapi masih cukup tinggi yaitu berupa aktivitas erupsi efusif yang ditandai dengan aktivitas pertumbuhan kubah lava, guguran, dan awanpanas guguran. Tingkat aktivitas ditetapkan dalam tingkat 'SIAGA'.

"Masyarakat diimbau untuk tetap tenang, tidak panik, dan selalu mengikuti informasi dari sumber yang terpercaya. Informasi resmi aktivitas Gunung #Merapi dapat diakses melalui Pos Pengamatan Gunung #Merapi terdekat, radio komunikasi pada frekuensi 165.075 MHz, website merapi.bgl.esdm.go.id, media sosial BPPTKG, dan kantor BPPTKG Jln. Cendana No. 15 Yogyakarta".




Scroll to Top