Feature

Tips Belajar yang Efektif Ala Maudy Ayunda

Pemilik nama asli Ayunda Faza Maudya ini merupakan lulusan Oxford University dan pernah diterima di dua universitas terbaik dunia yakni Stanford University dan Harvard University saat akan melanjutkan pendidikan jenjang S2.

TamanPendidikan.com - Maudy Ayunda membagikan tips belajar yang efektif berdasarkan pengalaman pribadinya. Seperti diketahui, selain memiliki karier yang cemerlang sebagai aktris dan penyanyi, Maudy Ayunda juga sangat mengutamakan pendidikan.

Melalui wawancara bersama Najwa Shihab beberapa waktu lalu, Maudy Ayunda mengaku dirinya memang memiliki hobi belajar sejak kecil. Bahkan, sang ayah, Didit Jasmedi R. Irawan kerap membelikannya buku-buku untuk belajar ketika pulang dari luar negeri.

Tak hanya itu, Maudy Ayunda juga mengaku bahwa sang ibunda yakni Muren Murdjoko sudah melatihnya untuk berani mengambil keputusan dan berpikir kritis sejak kecil. Tak heran, kini Maudy Ayunda tumbuh sebagai anak yang berprestasi dan membanggakan.
TamanPendidikan.com

https://www.youtube.com/watch?v=c0-4kWWU94Q&t=445s

Pemilik nama asli Ayunda Faza Maudya ini merupakan lulusan Oxford University dan pernah diterima di dua universitas terbaik dunia yakni Stanford University dan Harvard University saat akan melanjutkan pendidikan jenjang S2.

Maudy Ayunda pun memilih Stanford University untuk studi S2 nya dan kini telah lulus dengan meraih gelar ganda untuk jurusan bisnis (M.B.A) dan pendidikan (M.A). Pelantun lagu Perahu Kertas ini pun membagikan tips belajar yang efektif yang selama ini ia terapkan hingga mampu menorehkan banyak prestasi.

1. Bersahabat dengan Buku

Tips pertama yang diterapkan oleh Maudy Ayunda untuk belajar yang efektif adalah bersahabat dengan buku alias perbanyak membaca buku. Selain dapat meningkatkan ilmu pengetahuan serta wawasan, membaca buku juga dapat membuat seseorang mampu berpikir lebih luas dan terbuka.

2. Memahami Konsep

Selain membaca, Maudy Ayunda mengaku perlu memahami konsep terkait materi yang dipelajari. Hal itu dikarenakan dengan memahami konsep maka materi tersebut tidak akan mudah terlupakan.

3. Fokus Mempelajari Materi yang Belum Dipahami

Ketika menemukan materi yang cukup sulit untuk dipahami, Maudy Ayunda biasanya akan fokus dan membaca berulang kali hingga benar-benar paham. Hal itu menjadi cara yang cukup efektif menurutnya.
TamanPendidikan.com

https://www.youtube.com/watch?v=c0-4kWWU94Q&t=445s

4. Membuat Catatan

Maudy Ayunda juga rajin menulis dan membuat catatan yang berisi poin-pon penting terkait materi yang dipelajari. Hal itu lebih memudahkannya dalam memahami materi tersebut.

5. Istirahat dan Menyalurkan Hobi

Menurut Maudy Ayunda, dalam belajar juga perlu untuk istirahat dan meluangkan waktu seperti menyalurkan hobi. Keseimbangan antara akademis dengan kehidupan pribadi sangat penting untuk diutamakan. Hal itu agar pikiran lebih rileks sehingga mampu kembali semangat untuk belajar.




Scroll to Top