Perang Rusia Vs Ukraina Bak Gajah Lawan Semut dari Sudut Pandang Kekuatan Militer

"Dalam hal pesawat tempur, Rusia memiliki 1.511 pesawat tempur sedangkan Ukraina hanya memiliki 98 pesawat tempur. Sangat jauh sekali perbedaannya."

Feature | 25 February 2022, 04:22
Perang Rusia Vs Ukraina Bak Gajah Lawan Semut dari Sudut Pandang Kekuatan Militer

TamanPendidikan.com - Rusia akhirnya melancarkan serangan militer ke Ukraina. Perang itu dimulai setelah Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan operasi militer Rusia. Perang antara dua negara bertetangga itu pun pecah. Lalu bagaimana perbandingan kekuatan militer kedua negara tersebut?

Kedua negara ini ternyata memiliki perbedaan kekuatan tempur yang sangat berbeda jauh. Perang antara Rusia dan Ukraina ini pun disebut gajah melawan semut jika dilihat dari kekuatan militer masing-masing negara.

Data dari BBC, Kamis (24/2/2022), Rusia dan Ukraina disebut mempunyai perbedaan jumlah pasukan militer yang signifikan. Rusia dilaporkan memiliki 2,9 juta personel militer sedangkan Ukraina hanya memiliki 1,1 juta personel militer. Selain itu, Rusia memiliki pasukan cadangan sebanyak dua juta orang, sedangkan Ukraina hanya sekitar 900 ribu orang.

Alutsista

Bukan hanya kekuatan pasukan, ternyata dari segi alutsista perang, kedua negara juga berbeda jauh. Dalam hal pesawat tempur, Rusia memiliki 1.511 pesawat tempur sedangkan Ukraina hanya memiliki 98 pesawat tempur. Sangat jauh sekali perbedaannya.

Gajah dan semut juga bisa dilihat dari helikopter tempur yang dimiliki kedua negara. Berdasarkan data dari BBC, Rusia dilaporkan memiliki sebanyak 544 unit helikopter tempur, sementara Ukraina hanya memiliki 34 unit.

Soal tank, Rusia dan Ukraina juga ternyata terpaut jauh. Masih dari BBC, Rusia memiliki 12.240 tank, 30.122 kendaraan tempur, dan 7.571 artileri. Sedangkan Ukraina yang hanya memiliki 2.596 tank, 12.303 kendaraan tempur, dan 2.040 artileri.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network