Viral Warga Panen Cacing Ulat Pohon Bakau, Penampakannya Seperti Usus Ayam

"Terlihat warga ramai-ramai mencari cacing ini di celah-celah bongkahan batang pohon bakau. Tidak hanya itu, bahkan ada warga yang langsung memakan cacing itu setelah menangkapnya."

Viral | 12 April 2022, 17:54
Viral Warga Panen Cacing Ulat Pohon Bakau, Penampakannya Seperti Usus Ayam

TamanPendidikan.com - Sebuah video yang memperlihatkan beberapa warga di suku Dayak sedang panen cacing yang ada di pohon bakau di tepi sungai ini iral. Siapa yang belum tau cacing tersebut? Mari kita berkenalan.

Hewan ini biasa disebut Tambelo atau Kapang atau Berusu adalah jenis cacing yang hidup di batang bakau yang membusuk. Walaupun dianggap cacing dan menjijikan bagi sebagian orang, sebenarnya binatang ini tidak seperti cacing tanah. Ukuran tubuh cacing ini juga lebih besar dan panjang dibandingkan cacing tanah dan tubuhnya berwarna putih.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/CcNEfZagpeH/

Cacing ini juga dapat dikonsumsi sebagai makanan. Cacing ini dimakan dengan cara memotong kepalanya, kemudian kotoran dan perutnya dicuci dengan air. Setelah itu baru dimakan mentah dengan cara diseruput. Penikmat kuliner pernah mencobanya dan menggambarkan jika rasanya seperti cumi mentah.

Seperti video yang viral pada akun instagram @mancingpost ini. Terlihat banyak warga Kalimantan yang sedang di pinggir hutan bakau. Mereka beramai-ramai sedang mencari cacing pohon bakau ini. Terlihat warga ramai-ramai mencari cacing ini di celah-celah bongkahan batang pohon bakau. Tidak hanya itu, bahkan ada warga yang langsung memakan cacing itu setelah menangkapnya.

"Masa aku di bilang kuyang, ini dia makanan dayak, berusu. Tidak hanya di dayak tapi di daeah lain juga banyak ya guys," ujar pengisi suara pada video tersebut.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/CcNEfZagpeH/

Terlihat cacing Ulat Bakau yang di panen di masukan ke wadah toples besar. Sekilas memang terlihat seperti usus ayam. Karena ukuranya yang besar dan warnanya yang putih licin.

Pada video yang berdurasi 38 detik ini juga memperlihatkan seorang wanita pengisis suara pada video tersebut sedang menikmati berusu atau cacing bopon bakau tersebut. Cacing ini diletakkan di mangkuk beserta sedoknya. Dengan lahap dia menyantap cacing tersebut.

Video ini viral di jagad sosial media dan disaksikan hingga 3.3K dan dibanjiri komentar warganet yang merasa jijik dengan makanan tersebut.

"Dimasak dulu kek," tulis akun @ slmanahmdjabilla.

"Kagak dimasak dl itu," tulis akun @achid_wisnu
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/CcNEfZagpeH/

Bahkan ada warganet yang mengatakan bahwa cacing itu mirip dengan usus ayam. "Mlh Kya usus ayam," tulis akun @ rkrahman._.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network