Cerita Malaikat Ridwan Jahitkan Baju Lebaran untuk Kedua Cucu Rasulullah

"Seperti yang kita ketahui rumah tangga Sayyidah Fatimah binti Rasulullah SAW dan Sayyidina Ali bin Abi Thalibb dikenal sebagai rumah tangga yang sangat sederhana. Hidup keduanya hampir tak pernah bergelimang harta."

Viral | 17 April 2022, 13:09
Cerita Malaikat Ridwan Jahitkan Baju Lebaran untuk Kedua Cucu Rasulullah

TamanPendidikan.com - Hari Raya Idul Fitri selalu identik dengan memakai pakaian baru atau baju baru di masyarakat muslim Indonesia, bahkan juga di berbagai belahan dunia lainnya. Setiap orang berusaha menyisihkan penghasilanya selama sebulan untuk bisa membelikan baju baru untuk keluarganya, terutama bagi anak-anak mereka.

Tradisi mengenakan busana terbaru untuk memberikan penampilan terbaik di hari kemenangan masih berlaku terutama bagi anak-anak. Para orang tua pun akan merasa sedih jika menjelang Hari Kemenangan mereka belum mampu menghadiahkan baju baru kepada anak-anak mereka.

Hal itu juga yang pernah dirasakan oleh putri kesayangan Rasulullah SAW yakni Sayyidah Fatimah RA. Sayyidah Fatimah sempat bersedih karena tidak dapat membelikan pakaian baru untuk kedua putra tercintanya yaitu Hasan bin Ali dan Husein bin Ali.

Kisah ini ditulis kembali oleh akun twitter @Kangim4m dengan judul 'BAJU HARI RAYA'. Seperti yang kita ketahui rumah tangga Sayyidah Fatimah binti Rasulullah SAW dan Sayyidina Ali bin Abi Thalibb dikenal sebagai rumah tangga yang sangat sederhana. Hidup keduanya hampir tak pernah bergelimang harta.

Hingga pada suatu saat menjelang hari raya Idul Fitri tiba, anak-anak mereka belum dibelikan pakaian. Hasan dan Husein mengetahui bahwa teman-teman seusianya sudah memiliki pakaian baru. Merekapun gelisah hingga membuat mereka bertanya kepada ibunya, yang kemudian ditulis pada akun twitter tersebut.
TamanPendidikan.com

Ilustrasi Baju Lebaran (https://twitter.com/Kangim4m/status/1514998815341776898/photo/1)

"Mengapa ibu tidak menghiasi kami?," kata Hasan dan Husein. Fatimah pun hanya mampu menjawab: "Sesungguhnya pakaian kalian masih di tukang jahit," jawabnya. Jawaban yang sama selalu diberikan Fatimah setiap hari ketika Hasan dan Husein kembali bertanya.

Dari percakapan di atas padahal kita mengetahui bahwa Sayyidah Fatimah tidak memiliki uang untuk membelikan kedua putra kesayangannya pakaian baru. Beliau menjawab demikian agar kedua putranya merasa tenang. Hingga pada malam hari tiba, ada seseorang yang mengetuk pintu rumahnya, dan terjadi percakapan antara keduanya yang ditulis pada akun twitter tersebut.

"Siapa? Orang itu menjawab, Yaa putri Rasulullah, aku adalah tukang jahit, aku dtg membawa hadiah pakaian untuk putra-putramu. Fatimah pun membukakan pintu dan tampak seseorang membawa sebuah bingkisan hadiah dan diberikan ke Fatimah. Fatimah kemudian membuka isi bungkusan tersebut," tulis akun @Kangim4m.

Sayyidah Fatimah terkejut dengan isi bungkusan tersebut. Ternyata isinya adalah pakaian baru.

"Ternyata isinya adalah sepasang gamis, celana, mantel, surban, dan sepatu hitam yang sangat bagus. Kemudian ia membangunkan Hasan dan Husein yang sedang tertidur. Setelah bangun ia pakaikan hadiah tersebut pada mereka. Betapa senangnya kedua cucu kesayangan Rasulullah SAW itu," tulis akun @Kangim4m.

Namun Sayyidah Fatimah masih merasa penasaran siapa tukang jahit yang memberikan pakaian itu kepadanya itu. Fatimah sama sekali tidak mengenalnya dan sepertinya bukan penduduk Kota Madinah. Hingga Rasulullah SAW datang ke rumahnya dan Fatimah menceritakan kejadian tersebut kepada ayahnya. Dalam kisah yang ditulis oleh akun twitter tersebut menjelaskan bagaimana percakapan keduanya.

"Rasulullah pun bertanya pada Fatimah, "Apakah engkau melihat tukang jahit tersebut?". Fatimah pun menjawab "Iya, aku melihatnya". Lantas Rasulullah SAW melanjutkan, "Wahai Fatimah, Dia sebenarnya bukanlah tukang jahit, melainkan malaikat Ridwan penjaga surga," tulis akun @Kangim4m.

Masya Allah ternyata penjahit itu adalah malaikat Ridwan, sang penjaga surga yang diutus oleh Allah untuk memberikan pakaian baru kepada keluarga Sayyidah Fatimah. Padahal beliau berdoa kepada Allah agar Allah memberikan pakaian baru untuk kedua anaknya saja, namun karena kesabaranya dan ketulusan doanya untuk anak-anaknya Allah memberikan lebih dari yang beliau minta. 

Sontak kisah ini kembali viral di jagad media sosial, bertepatan dengan waktu menjelang hari raya dan banyak orang mempersiapkan pakaian baru untuk keluarganya. Banyak pengguna twitter yang me-retweeted kisah ini, bahkan membalas langsung di akun twitter tersebut.

"Baju bukan sembarang baju, ini baju dari surga allah," tulis akun @tegarwhyd membalas kisah tersebut.

"Allahu Akbar Allah maha besar, besar ampunanNya besar pula ksh sayangNya. Ya Rabb...lembutkan qalbuku," tulis akun @Kurnias50786482 yang langsung tersentuh setelah membaca kisah tersebut.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network