Puluhan Santri Tidur Berdesakkan di Rumah Bilik Bolong Ini Bikin Haru

"Puluhan santri tidur berdesakan di rumah bilik bambu yang telah reot."

Viral | 24 April 2022, 11:40
Puluhan Santri Tidur Berdesakkan di Rumah Bilik Bolong Ini Bikin Haru

TamanPendidikan.com - Puluhan santri tidur berdesakan di rumah bilik bambu yang telah reot. Atap bilik bolong-bolong dan alami bocor saat turun hujan.

Para santri tersebut merupakan anak santri dhuafa. Mereka berjumlah 35 santri yang menimba ilmu agama di Pesantren Darul Falah di Cikeusik, Pandeglang, Banten.

TamanPendidikan.com

https://www.tiktok.com/@amritsaraje

Kisah haru kehidupan santri ini diunggah oleh akun @amritsaraje di TikTok. Di musim hujan, saat berwudhu mereka memanfaatkan air hujan. Di musim kemarau, para santri ini mesti berjalan 1 kilometer untuk memperoleh air bersih.

"Nahan nangis banget pasa ngedit video ini," tulis @amritsaraje di narasi unggahannya.

Di tayangan video itu, perekam video mendokumentasikan para santri tidur saling berdesakan. Mereka berbagi tempat yang sempit, untuk menghindari atap bolong dan bocor.

Secara detail, perekam memperlihatkan detail-detail bilik yang rusak. Dinding anyaman bambu berlubang. Genting telah bergeser. Bisa dikata bilik tersebut dalam keadaan reot.

"Takut rubuh banget," tersemat tulisan di video.

TamanPendidikan.com

https://www.tiktok.com/@amritsaraje

Meski mereka tinggal di bilik tak layak huni, nampak para santri ini antusias belajar ilmu agama. Terdokumentasi para santri menyimak guru mereka membacakan kitab kuning.

Keadaan para santri ini menyentuh hati @amritsaraje. Kreator TikTok ini mengajak untuk menggalang dana agar para santri tersebut dapat tinggal di tempat yang lebih layak huni.

@amritsaraje nahan nangis banget pas ngedit video ini #berbagi #pesantren ♬ original sound  - Amritsa Raje


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network