15 Foto yang Menggambarkan Dahsyatnya Erupsi Gunung Merapi Tahun 2010

"Erupsi menimbulkan malapetaka di desa-desa dan pertanian di sekitarnya, dan mengganggu perjalanan udara - dan lebih dari 140 orang telah tewas oleh letusan selama dua minggu terakhir."

Feature | 13 March 2023, 01:00
15 Foto yang Menggambarkan Dahsyatnya Erupsi Gunung Merapi Tahun 2010

TamanPendidikan.com - Sejak letusan awal pada 25 Oktober 2010, Gunung Merapi di Indonesia terus memuntahkan gas panas dan abu sejauh 5.000 meter ke atmosfer. Erupsi menimbulkan malapetaka di desa-desa dan pertanian di sekitarnya, dan mengganggu perjalanan udara - dan lebih dari 140 orang telah tewas oleh letusan selama dua minggu terakhir.

Ratusan ribu penduduk telah mengungsi, banyak dari mereka tinggal di tempat penampungan sementara sampai pemerintah Indonesia mengurangi 20 km 'zona aman' yang ada, dan mengizinkan mereka dan ternak mereka untuk kembali. Yang terkumpul di sini adalah foto-foto dari daerah dekat Gunung Merapi yang tidak dapat diprediksi karena masih bergemuruh dan meletus.

Berikut 15 foto yang menggambarkan dahsyatnya letusan Gunung Merapi pada 2010 lalu yang dikutip dari archive.boston.com/:

TamanPendidikan.com

(Ulet Ifansasti / Getty Images)

Seorang petani berdiri di sawah saat material vulkanik dari Gunung Merapi meletus, di Klaten, Jawa Tengah pada tanggal 4 November 2010 dekat Yogyakarta, Indonesia. Lebih dari 70.000 orang kini telah dievakuasi dengan zona bahaya diperpanjang hingga lebih dari 15 km karena gunung berapi terus memuntahkan abu dan material vulkanik.

TamanPendidikan.com

REUTERS / Dwi Oblo) #
2. Gunung Merapi mengeluarkan asap seperti yang terlihat dari desa Deles di Klaten, dekat kota kuno Yogyakarta, 1 November 2010.

TamanPendidikan.com

(SUSANTO / AFP / Getty Images) #

3. Rumah-rumah terbakar saat relawan penyelamat korban luka bakar letusan Gunung Merapi di desa Argomulyo awal 5 November 2010.

TamanPendidikan.com

(REUTERS / Beawiharta) #

4. Sambaran petir saat Gunung Merapi meletus, terlihat dari desa Ketep di Magelang, Provinsi Jawa Tengah, 6 November 2010.

TamanPendidikan.com

(BAY ISMOYO / AFP / Getty Images) #

5. Pohon mati dan abu menutupi rumah yang rusak dengan latar belakang meletusnya Gunung Merapi di Sleman, Provinsi Yogyakarta, Jawa Tengah, pada 6 November 2010.
TamanPendidikan.com

(AP Photo / Achmad Ibrahim) #

6. Warga berkumpul di makam para korban erupsi Gunung Merapi untuk dimakamkan massal di Sleman, Yogyakarta, Indonesia, Minggu, 7 November 2010.

TamanPendidikan.com

(AP Photo / Trisnadi)

7. Abu vulkanik dari letusan Gunung Merapi menutupi sebuah desa di Muntilan, Jawa Tengah, Indonesia, Minggu, 7 November 2010.

TamanPendidikan.com

(REUTERS / Sigit Pamungkas)

8. Tim SAR mencari korban di desa Wukirsari, Kabupaten Sleman, Provinsi Jawa Tengah, 7 November 2010.

TamanPendidikan.com

(SONNY TUMBELAKA / AFP / Getty Images)

9. Aliran lava cair dari kawah Gunung Merapi terekam dalam foto long exposure yang diambil dari Kabupaten Klaten di Provinsi Jawa Tengah pada akhir 2 November 2010.
TamanPendidikan.com

(REUTERS / Beawiharta)

10. Gunung Merapi menyemburkan lahar dan asap yang kembali meletus pada Rabu (3/11) seperti terlihat dari Desa Sidorejo di Klaten pada 3 November 2010.
TamanPendidikan.com

(CLARA PRIMA / AFP / Getty Images)

11. Warga mengendarai sepeda motor di Yogyakarta yang diselimuti abu vulkanik yang jatuh dari letusan terakhir Gunung Merapi pada awal 30 Oktober 2010. (CLARA PRIMA / AFP / Getty Images) #

TamanPendidikan.com

(Foto AP / Achmad Ibrahim)

12. Penduduk desa mengungsi dari rumah mereka setelah letusan Gunung Merapi di Klaten, Indonesia, Jumat, 5 November 2010.
TamanPendidikan.com

(REUTERS / Beawiharta) #

13. Gunung Merapi meletus, terlihat dari desa Wukirsari di Sleman, dekat kota kuno Yogyakarta, 4 November 2010. (REUTERS / Beawiharta) #

TamanPendidikan.com

(Ulet Ifansasti / Getty Images)

14. Tunggul adalah semua sisa pohon yang ditebang akibat letusan Gunung Merapi, di desa Kinahrejo, Sleman, Indonesia pada 27 Oktober 2010.

TamanPendidikan.com

(Foto AP) #

15. Seorang petani berjalan melintasi ladang jagungnya yang tertutup abu vulkanik dari letusan Gunung Merapi di Muntilan, Jawa Tengah, Indonesia pada hari Senin, 8 November 2010. 


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network