Viral

Bocah Jadi Imam Salat untuk Ibunya Ini Viral dan Bikin Warganet Insecure

Video berdurasi singkat ini langsung menarik perhatian warganet. Bahkan sudah lebih dari 375.741 warganet yang suka dengan video tersebut.

TamanPendidikan.com - Video yang memperlihatkan seorang bocah laki-laki sedang salat berjamaah bersama ibunya di sebuah musala rumah makan ini viral di sosial media. Bocah yang memakai baju baju merah dan sarung berwarna gelap terlihat menjadi imam salat di depan sang ibu yang memakai mukena berwana kuning.

Video tersebut diunggah oleh akun @santri.daily. Video berdurasi singkat ini langsung menarik perhatian warganet. Bahkan sudah lebih dari 375.741 warganet yang suka dengan video tersebut. Beragam komentar pun tertuang pada kolom komentar.

Beberapa warganet merasa insecure melihat tayangan tersebut, seperti yang ditulis oleh akun @muhamad_ivan.id, "Insinyur sesungguhnya,".
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/reel/CeNGiWTBzqt/?igshid=YmMyMTA2M2Y%3D

Adapula warganet yang mengomentari sah atau tidak solat tersebut karena diimami oleh anak kecil, seperti yang ditulis akun @m.bagir_hmd, "Bro klo anak nya belum baligh ga boleh jadi imam bro ga sah sholat ny , harus yg udh baligh semoga bermanfaat".

Menurut ulama dari empat madzhab fikih sepakat bahwa perempuan tidak bisa menjadi imam laki-laki. Maka dari itu biasanya dalam rangka mendidik anak menuju dewasa, seorang ibu mengajarkan anak laki-lakinya untuk menjadi imam salat di usia yang masih kecil.

Salah satu madzhab yang memperbolehkan anak kecil mengimami salat adalah Imam Syafii karena tidak mensyaratkan kedewasaan seseorang dalam menjadi imam. Kebolehan pendapat Imam Syaf'i mengacu pada hadist yang Amr bin Salamah yang pernah mengimami di usia 6 atau 7 tahun. Akan tetapi, yang perlu digaris bawahi dengan anak kecil di sini adalah anak yang sudah tamyiz. Yaitu anak yang mendekati usia baligh, yang bisa membedakan perkara baik dan benar atau disebut juga anak yang mumayyiz.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/reel/CeNGiWTBzqt/?igshid=YmMyMTA2M2Y%3D

Pada komentar lainnya, beberapa warganet menceritakan pengalaman pribadinya menjadi imam pada saat masih kecil.

"Jadi inget jaman masih sd dulu , bapak meninggalkn kita & kakak merantau, saya berdua sama emak di rmh , sering sholat bareng, & di suruh jadi imam sama emakā€¦lov emam," tulis akun @suryaaditya127.

"Tiap hari gua yang imamin ibu gua karena bapa gua kadang kerja jadi sholatnya di tempat kerja," tulis akun @gwe_fadhil.

"Abang gua jg kls 5 SD sering jd Imam drmh klo sholat bareng mamah aku..." tulis akun @aura_sakuraschool.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/reel/CeNGiWTBzqt/?igshid=YmMyMTA2M2Y%3D

"Alhamdulillah ank ku dah dr kls 1 SD jd imam bt ku," tulis akun @imaniar_tiara. 




Scroll to Top