Viral

Cara Cuci Piring Hajatan Pakai Gedebok Pisang, Tak Perlu Digosok Cukup Dicelup

Yang membuat mudah, dengan cara ini mereka tidak perlu menggosok satu persatu piring kotor yang terlihat berminyak. Hanya tinggal mencelupkan saja sudah bersih dan keset.

TamanPendidikan.com - Ketika hajatan tentunya ada banyak tugas yang perlu dikerjakan, salah satunya mencuci piring.
Viral di media sosial cara mencuci piring di hajatan yang terbilang sangat unik dan kreatif. Hal ini karena cara mencuci piring ini menggunakan gedebok atau batang pisang kepok.

Seperti yang terlihat pada sebuah video yang diunggah oleh akun tiktok @gadizpratama yang dikutip dari Facebook Arianto Rian. Dalam video yang berdurasi satu menit lebih itu, terlihat seorang pemuda yang tengah sibuk mencuci piring makan dalam sebuah acara hajatan.
TamanPendidikan.com

https://www.tiktok.com/@gadizpratama/video/7109292398773112090?_t=8TGSRvk2ejC&_r=1

Namun ada yang unik dari aktivitas mencuci piring pada video tersebut. Saat banyak orang mengandalkan sabun cuci piring untuk membuat piring bersih kinclong, warga asal Riau ini justru menggunakan gedebok pisang alias batang pohon pisang. Kreatif dan unik!.

Pemuda tersebut menggunakan batang pisang kepok. Batang pohon pisang itu lalu dipotong kecil-kecil.

"Praktis, cuci piring simpel gak ribet, hanya pakai batang pisang kepok," tulis akun Arianti Rian dalam keterangan video yang diunggah.
TamanPendidikan.com

https://www.tiktok.com/@gadizpratama/video/7109292398773112090?_t=8TGSRvk2ejC&_r=1

Lewat unggahan tersebut, bisa disaksikan pemuda yang mengenakan baju merah itu tengah sibuk mencuci piring bekas hajatan. Namun ada pemandangan unik dari kegiatan cuci piring ini. Cara mencuci piringnya hanya tinggal mencelupkan ke dalam wadah besar yang berisi potongan batang pisang kepok yang kemudian diberi air dan sabun cuci piring.

Yang membuat mudah, dengan cara ini mereka tidak perlu menggosok satu persatu piring kotor yang terlihat berminyak. Hanya tinggal mencelupkan saja sudah bersih dan keset. Cara mencuci piring ini dilakukan di tempat warga yang tengah menggelar hajatan di Riau.

"Melayu riau punya," tulis dalam postingannya.

Pria dalam video tersebut juga memperlihatkan cara atau tutorial mencuci piring menggunakan batang pisang.
TamanPendidikan.com

https://www.tiktok.com/@gadizpratama/video/7109292398773112090?_t=8TGSRvk2ejC&_r=1

"Gedebog pisang, sunglight, dan air saya lihatkan caranya ya," katanya sambil memutar piring di dalam kuali yang terdapat kumpulan kulit pisang.

Ia juga memperlihatkan saat dirinya mencucui piring yang dipenuhi dengan lemak masakan. Uniknya, cara ini membuat piring-piring tersebut bersih tanpa meninggalkan bekas lemak. Proses mencuci piring dengan cara ini terbilang sangat cepat, demikian juga ketika mencuci piring dan alat masak lainnya. Cara mencuci piring ini terbilang unik dan sangat bersih hasilnya.

Video viral tersebut hingga kini telah disukai 13 ribu lebih dan mendapatkan beragam komentar wrganet.

"kalau di bilas air ngalir si oke tp klw gitu doang ga higienis," ujar akun @ cilokkriwil.

"dibilas lagi kok kak 😁," jawab akun @ Kreator pemula · Creator.

"Air hangat memang penting🥰🥰 karena pengalaman aku kerja di restoran kalau cuci piring pakai 4 sink,sink 1 untuk tempat pengumpulan piring," ujar akun @ putrabarel.
TamanPendidikan.com

https://www.tiktok.com/@gadizpratama/video/7109292398773112090?_t=8TGSRvk2ejC&_r=1

"waktu aku nikahan dulu nyuci piringnya pakai batang pisang juga,ditambahin daun jeruk ya biar tambah wangi," ungkap akun @ lilly.

"lebih hemat lagi kalau mau usaha lebih. itu debog buat gosok cuciannya, habis itu di sunlight. sunlight nya dituang secukupnya+grm. terus dibilas," ujar akun @ Fajar.

"spil cara buatnya kk," tulis akun @ Sangkut Suriani.

"Air, sunlight, batang pisang/bonggol pisang," jawab akun @ Kreator pemula · Creator.

@gadizpratama Melayu riau punya #fypシ#fypage#fypシ゚viral#fypdongggggggg#MakeNightsEpic#WouldYouLoveYou#fypgakni#voiceeffects#foryoupage#fyp♬ Tak Ingin Usai - Keisya Levronka




Scroll to Top