Viral

Kerbau Belang Ini Harganya Rp 700 Juta, Warganet Sebut Pajero Berkaki & Bertanduk

Seekor kerbau belang yang langka dibanderol dengan harga fantastis Rp 700 juta.

TamanPendidikan.com - Seekor kerbau belang yang langka dibanderol dengan harga fantastis Rp 700 juta. Kerbau belang ini berharga jutaan karena terkait kepercayaan khususnya kendaraan bagi arwah menuju Puya (dunia arwah, atau akhirat) bagi masyarakat Toraja di Sulawesi Selatan.

Penampakan kerbau belang seharga Rp 700 juta ini diunggah oleh akun @mateo_jubileo di Instagram. Di tayangan itu, @mateo_jubileo menjelaskan kerbau belang tersebut digolongkan dalam tedong saleko.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/mateo_jubileo/

Kerbau dengan kulit didominasi warna putih pucat, dengan bercak atau belang hitam di sekujur tubuh ini jadi simbol status sosial. Kerbau belang ini dinilai sesembahan tertinggi bagi masyarakat adat Toraja yang meninggal, melalui ritual rambu solo’.

"Semakin mahal binatangnya, semakin baik kehidupan bagi orang yang meninggal," tersemat tulisan di video.

Di tayangan tersebut, @mateo_jubileo juga menyisipkan obrolannya dengan gembala tedong saleko yang disebut Jem. Dalam obrolan tersebut, jem mengatakan kerbau belang tedong saleko tergolong langka. Hewan ini hanya dipotong untuk golongan bangsawan.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/mateo_jubileo/

Video kerbau belaang seharga Rp 700 juta ini viral dan telah ditonton sebanyak 10 ribu kali. Banyak warganet mengemukaan pendapatnya terhadap harga fantastis kerbau tersebut.

"Pajero berkaki dan bertanduk 🗿," komentar @costa_and_pasta.

"biaya nikah mahal❎biaya meninggal mahal,✅," tulis @mkhmd_haris.

"Setau gue bukan 'semakin mahal semakin baik" deh. Tapi kalau bagian yg warna putihnya makin banyak itu yg buat makin baik. Soalnya warna putihnya itu jadi cahaya yang mandu orang meninggalnya (?)," sanggah @ppyakk di kolom komentar.




Scroll to Top