Viral

Ban Truk Ini Benjol Besar lalu Ditusuk Hingga Meledak

Video yang berdurasi singkat tersebut berhasil menarik perhatian warganet hingga disaksikan lebih dari 65 ribu kali.

TamanPendidikan.com - Truk merupakan salah satu jenis kendaraan pengangkut barang yang lebih besar dibandingkan dengan jenis-jenis kendaraan pengangkut penumpang. Selain itu, truk juga rata-rata mempunyai tenaga yang lebih besar dengan menggunakan mesin diesel. Sebagai kendaraan pengangkut barang, truk ini tak terhindarkan dari masalah operasional seperti kerusakan mesin hingga kerusakan ban.

Ban merupakan salah satu komponen penting pada kendaraan. Maka sudah selayaknya pemilik kendaraan melakukan perawatan ban dengan baik untuk mendapatkan performa yang maksimal. Jika ban mengalami masalah maka bisa merugikan banyak pihak lainnya. Perawatan ban yang paling sederhana adalah memeriksa kondisi ban, apakah masih dalam keadaan normal atau sudah harus diganti.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/reel/Ce-SYBOpwPH/?igshid=YmMyMTA2M2Y%3D

Baru-baru ini, sebuah video yang menampilkan kondisi ban truk benjol besar viral di media sosial Instagram. Video yang berdurasi singkat tersebut berhasil menarik perhatian warganet hingga disaksikan lebih dari 65 ribu kali.

Dalam video tersebut tampak seorang bapak-bapak memegang pisau dan menusukkannya ke ban untuk mengempiskan benjolan pada ban truk miliknya. Video yang diunggah oleh akun @siakapkeli tersebut pun ramai mendapatkan komentar yang beragam.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/reel/Ce-SYBOpwPH/?igshid=YmMyMTA2M2Y%3D

"Kembung tu bang, letak lah minyak yu yee cap limau," komentar akun @sue_ana_suhana yang sepertinya menggunakan bahasa Melayu.

"Bahaya dia pegang pisau macam tu boleh melantun tangan dia tu sambil pegang pisau, bahaya," tulis akun @j.e.b.a.t.8.5.

Independent Tire Analyst dan Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, Bambang Widjanarko pernah membahas fenomena ban benjol tersebut. Menurutnya, jika ban tidak segera direparasi, dari pencil bulge akhirnya membesar menjadi seperti bola.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/reel/Ce-SYBOpwPH/?igshid=YmMyMTA2M2Y%3D

"Pencil bulge jika dibiarkan terus, akan semakin membesar menyerupai air pocket kemudian meledak atau bahkan bisa langsung meledak tanpa membesar dulu. Tidak ada yang dapat dilakukan untuk mengempiskan kembali benjolan pada ban. Memang ada beberapa anggapan kantung udara itu bisa dikempiskan dengan cara ditusuk jarum, namun sifatnya hanya sementara saja dan tetap akan berakhir meledak juga kemudian. Maka, solusi terbaik adalah mengganti ban benjol tersebut," ungkapnya.




Scroll to Top