Viral

Hoki Tingkat Dewa, Pendaki Ini Bertemu Kelinci Belang Sumatera yang Langka

Pendaki tersebut bertemu kelinci belang sumatera itu pada pukul 03.00 saat mendaki Gunung Kerinci.

TamanPendidikan.com - Seorang pendaki membagikan video pengalamannya saat sedang mendaki Gunung Kerinci. Pendaki tersebut bertemu dengan kelinci belang sumatera atau kelinci sumatera(Nesolagus netscheri) yang dikenal sudah sangat langka.

Pendaki tersebut mengunggah video detik-detik saat dirinya bertemu dengan kelinci lucu tersebut dalam akun instagram @andre.situpai.

"Gak sengaja ketemu sama si cantik yang mulai langka populasinya. Kelinci belang sumatera atau kelinci sumatera [Nesolagus netscheri] adalah satwa yang begitu sulit ditemukan di hutan," ujarnya.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/Ce-NAfHN_ly/

Dalam video terlihat pendaki tersebut sedang berada di hutan dekat pohon besar. Tiba-tiba datang seekor kelinci berukuran sedang. Kelinci itu memiliki motif belang di sekujur tubuhnya. Hal ini berbeda dengan kebanyakan kelinci yang biasa kita jumpai.

"Berdasarkan penelitian, satwa ini berada di wilayah pegunungan Bukit Barisan, Sumatera. Penelitiannya juga minim. Ancaman kehidupan kelinci belang sumatera adalah terganggunya habitat dan alih fungsi lahan menjadi perkebunan dan permukiman," tulisnya lagi dalam keterangan.

Kelinci belang sumatera ini sudah sangat langka. Bahkan di habitatnya sendiri, kelinci unik ini sulit ditemukan. Karena itu hewan unik ini masuk sebagai salah satu satwa yang dilindungi.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/Ce-NAfHN_ly/

"Pemerintah Indonesia melindungi kelinci sumatera sebagai satwa dilindungi berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No. P.106/MENLHK/SETJEN/KUM.1/12/2018 tentang Jenis Tumbuhan dan Satwa Dilindungi, tercantum pada nomor 72," tulis akun ini.

Video penemuan kelinci langka ini pun segera mendapat komentar dari warganet. Pandaki tersebut mengaku tidak sengaja bertemu kelinci ini pada pukul 03.00 Dini Hari.

"Iihh lucu banget,, wrna loreng ny mrip sama 🐯, ini ktmuny d g. Kerinci ya min?," tulis akun @yhii___.

"Bangg,sayaa iri dgn abang,bisa hoki tingkat dewa gitu ☝🏼😁," tuis akun @ibnu.muftyarif.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/Ce-NAfHN_ly/

"Baru tau klo kelinci punya macammacam spesies😍😍," tulis akun @rhomadonnasution.

"Wow, sangat beruntung sekali dirimu @andre.situpai πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ‘πŸ‘," tulis akun @benny_adzfikar_bakir.




Scroll to Top