Nelayan Udang Ini Tangkap Hewan Seperti Belut Ternyata Ikan Pengisap Darah

"Lamprey hidup dari menghisap darah ikan-ikan lain yang berukuran lebih besar dari dirinya. Saat makan, mula-mula lamprey akan menempelkan mulutnya yang mirip penghisap ke kulit korbannya,"

Viral | 28 June 2022, 04:00
Nelayan Udang Ini Tangkap Hewan Seperti Belut Ternyata Ikan Pengisap Darah

TamanPendidikan.com - Lamprey adalah ikan tak berahang. Lamprey merupakan spesies minoritas. Family dari Lamprey ini adalah dari Nuridae. Dalam zoologi, lampre sering tidak dianggap sebagai ikan sejati karena morfologi dan fisiologinya yang berbeda. Tubuh dapat dibedakan atas caput.

Lamprey dengan nama Latin Petromyzon marinus merupakan ikan anadromus mirip belut. Tubuhnya terdiri dari rangka tulang rawan.

Lamprey hidup dari menghisap darah ikan-ikan lain yang berukuran lebih besar dari dirinya. Saat makan, mula-mula lamprey akan menempelkan mulutnya yang mirip penghisap ke kulit korbannya, lalu melubangi kulit mangsanya tersebut dengan gigi-giginya yang kecil & mulai menghisap darahnya.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/CfUDGiHJMyG/

Beredar sebuah video yang memperlihatkan saat seorang nelayan menangkap hewan seperti belut namun ternyata merupakan ikan lamprey. Video tersebut disebarluaskan oleh akun instagram @ gofishingindonesia.

"Ini belut bukan yaaa ☝️Serem juga yaa lihat bagian kepala nya 😱," tulisnya.

Dalam video tersebut nampak nelayan sedang mencuci hasil tangkapannya. Dia sedang mencuci udang di bak air yang mengalir.

Namun di saat mencuci udang tangkapannya nampak di atas udang ada hewan yang terlihat seperti belut yang terus bergerak. Kemudian nelayan itu mengambil dan memegangnya, setelah ia memegangnya beberapa saat kemudian keluarlah lendir yang menempel di telapak tanganya.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/CfUDGiHJMyG/

Kepalanya pun terlihat sangat menyeramkan, nelayan itu pun akhirnya melepaskannya. Video tersebut mendapatkan beragam tanggapan dari warganet, warganet ada yang menyebutnya ikan purba, cacing alaska, lamprey, dan juga hag fish.

"baru di pegang ud keluar lendir... πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ nakal... πŸ˜‚πŸ˜‚," ujar akun @ iam.handoyo.

"Lendir lengket ikan purba," tulis akun @ indriya.f.23.

"Cacing alaska," ujar akun @ merahputih1990.

"Lamprey," ucap akun @ rizkissudibyo.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/CfUDGiHJMyG/

"Cacing besar alaska," jawab akun @ bustom__.

"Nasib lepas balik kalau kene tu😒😒😒tu belut laut," ujar akun @ iampunes.

"Hagfish πŸ’―," jawab akun @ ant_layy


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network