Ini Dia Penampakan Ujung Rel Kereta Api di Bagian Timur Pulau Jawa

"Dalam video tampak ujung rel kereta api di bagian timur Pulau Jawa berada di daerah Banyuwangi, tepatnya di dekat Pelabuhan Ketapang."

Viral | 01 July 2022, 17:09
Ini Dia Penampakan Ujung Rel Kereta Api di Bagian Timur Pulau Jawa

TamanPendidikan.com - Kereta api merupakan sarana transportasi yang bergerak di atas rel. Kereta api ini umumnya terdiri atas lokomotif yang dikemudikan oleh seorang masinis dengan bantuan mesin dan rangkaian kereta atau gerbong sebagai tempat pengangkutan barang dan/atau penumpang.

Mengingat kembali sejarah perkeretaapian, ternyata kereta api telah ditemukan pada tahun 1800-an dan terus mengalami perkembangan sampai tahun 1860. Mulanya, kereta api dikenal sebagai kereta kuda yang hanya terdiri dari satu kereta (rangkaian). Kemudian dibuatlah kereta kuda yang menarik lebih dari satu rangkaian serta berjalan di jalur tertentu yang terbuat dari besi (rel). Kereta jenis ini yang kemudian dinamakan sepur atau yang lebih dikenal sebagai kereta api.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/CfXjv8xFXw1/

Berbicara tentang kereta api di Indonesia, baru-baru ini sebuah video unggahan @exploredolan.id menjadi viral setelah disaksikan lebih dari 39 ribu kali. Video berdurasi singkat tersebut menunjukkan sekaligus menjelaskan ujung rel kereta api di bagian timur Pulau Jawa.

Dalam video tampak ujung rel kereta api di bagian timur Pulau Jawa berada di daerah Banyuwangi, tepatnya di dekat Pelabuhan Ketapang.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/CfXjv8xFXw1/

"Rel kereta api memang panjang, tapi bukan berarti gak berujung. Terus di mana sih ujung rel kereta api berada? Ikut Railmin ke stasiun paling timur di Pulau Jawa yuk! Jadi apa nama stasiunnya? Selamat datang di Stasiun Ketapang, berbatasan langsung dengan Selat Bali dari Pelabuhan Ketapang. Letaknya berdekatan dengan Pelabuhan Ketapang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan transportasi yang terintegrasi antara kereta api dengan kapal feri. Awalnya stasiun tersebut bernama Stasiun Banyuwangi Baru yang diresmikan pada 7 September 1985. Pada tahun 2019, atas usulan Pemkab Banyuwangi, dilakukan perubahan nama menjadi Stasiun Ketapang dan Stasiun Karangasem menjadi Stasiun Banyuwangi Kota untuk mempermudah masyarakat agar tidak bingung untuk turun di Stasiun Banyuwangi Kota atau di Ketapang," ujarnya.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/CfXjv8xFXw1/

"Jadi, di manakah letak ujung relnya? Untuk menemukannya, Railmin masih harus berjalan di antara rerimbunan kebun tebu, pergudangan, dan semak belukar. Nah ini dia rel paling timur di Pulau Jawa. Zaman dahulu, masih berlanjut sampai gudang PT. Pupuk Sriwijaya dan melintasi jalan raya namun sekarang hanya berakhir di sini. Di dekat rel ini ada segitiga pemutar, kita bahas di video selanjutnya ya!," tulis pemilik video sebagai keterangan dalam unggahannya.

Video informatif tersebut pun menuai berbagai komentar yang beragam dari warganet Instagram.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/CfXjv8xFXw1/

"Edukasi banget πŸ‘πŸ‘πŸ‘," komentar akun @alfini919320.

"Akhirnya gue bisa tidur nyenyak… Setelah tau ujung tembok CIna.. Sekarang ujung rel kereta Pulau Jawa.. Makasih admin πŸ‘πŸ‘πŸ‘," tulis akun @nopaliyahkhairani.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network