Sungai Kecil di Tengah Sawah Ini Dipenuhi Sidat Besar

"Sekumpulan sidat besar berwarna hitam dan panjang ini terlihat sedang berenang memenuhi sungai kecil di tengah sawah."

Viral | 08 July 2022, 09:11
Sungai Kecil di Tengah Sawah Ini Dipenuhi Sidat Besar

TamanPendidikan.com - Anguilla spp atau yang lebih dikenal dengan sidat adalah kelompok ikan yang memiliki tubuh ramping dan memanjang. Bentuknya seperti belut namun hanya saja mempunyai sirip dan bisa berukuran sangat besar.

Ikan yang dalam istilah Jepang juga dikenal dengan nama unagi ini banyak ditemukan di perairan tawar di Indonesia, namun kebanyakan hidup di laut pada fase dewasanya. Ada beberapa jenis sidat yang tersebar di dunia.

Di Indonesia sendiri bisa ditemukan 7 jenis Ikan Sidat dari 18 jenis yang ada di dunia, yaitu sidat yang bersirip dorsal pendek (Anguilla bicolor dan Anguilla bicolor pacifica), dan 5 spesies Sidat dorsal panjang (Anguilla borneensis, Anguilla marmorata, Anguilla celebensensis, Anguilla megastoma dan Anguilla interioris).
TamanPendidikan.com

https://web.facebook.com/reel/403245988525233

Beredar sebuah video yang memperlihatkan sekumpulan sidat besar berada di sungai kecil di tengah sawah. Sekumpulan sidat besar berwarna hitam dan panjang ini terlihat sedang berenang memenuhi sungai kecil di tengah sawah.

Video yang diabadikan dengan kamera ponsel di malam hari itu kemungkinan direkam oleh pemilik dan pembudidaya sidat. Dalam video terlihat salah satu sidat itu mencoba menggigit sidat lainya, kemudian perekam video nampak tertawa.

Video yang kemudian diunggah oleh akun Alvin Garrix dalam Facebooknya itu dibanjiri ratusan komentar dari warganet. Banyak yang mengira bahwa sidat berukuran besar itu adalah belut listrik.

Banyak istilah yang beredar di masyarakat Indonesaia ikan sejenis belut ini, terlihat dari tulisan dalam kolom komentar.
TamanPendidikan.com

https://web.facebook.com/reel/403245988525233

"Budi daya ikan lubang mantap," ujar akun Muhamaf.

"orang orang pada ngomong belut listrik. pada tau nama hewan gak sih bang. itu ikan mahal itu protein no satu itu. kalau bahasa indonesia nya ikan sidat. tapi kalau dikampung saya namanya ikan panjang," ujar akun Andri Effendi.

Video yang juga disukai hingga 11 ribu lebih itu juga banyak mendapatkan beragam komentar kocak dari warganet.

"kalau belut listrik ketemu sama tukang strum ikan, belutnya mati gak ya?," tulis akun Liong Kim.

"Itu kan sidat...masa ada aliran listrik nya...๐Ÿ˜๐Ÿคฃ๐Ÿ˜‚๐Ÿคญ," ujar akun Ferly Ambolay Lintau.

"Ikan lubang/sidat..di setiap daerah pasti beda corak warna ,daerah selatan jabar ,corak kuning ke emasan," ungkap akun ุฒูƒุฑูŠุง ูุฑู†ู….
TamanPendidikan.com

https://web.facebook.com/reel/403245988525233

"Itu ikan zidat bisa dimakan buat ikhtiar anak yg belum lancar bicara," ucap akun Chichi Sumendap Rugian.

"Itu bukan belut listrik... Melainkan ikan sidat /lubang bisa juga d sebut oling๐Ÿ™," jawab akun Babang Golakdua.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network