Viral

Praktik Pelajaran PKN Siswa SD dengan Simulasi Naik Bus Ini Viral

Praktik Pelajaran PKN Siswa SD dengan Simulasi Naik Bus Ini Viral

Model pembelajaran siswa SD menggunakan simulasi naik bus ini viral

TamanPendidikan.com - Baru-baru ini jagat maya dihebohkan dengan model pembelajaran siswa SD menggunakan simulasi naik bus. Model pembelajaran ini dinilai kreatif.

Dalam video terlihat sejumlah siswa SD yang sedang berpura-pura menjadi penumpang bus dengan nama Bus Harapan Bangsa. Video tersebut diunggah oleh akun tiktok @lusy_nugraha.

Dalam video terlihat siswa SD sedang mempraktikan seolah-olah sedang berada dalam bus. Ada penumpang yang tertidur, ada sopir, dan ada yang menjadi kernet bus. Semua kursi bus itu penuh oleh penumpang dan sudah tak ada kursi yang kosong.

TamanPendidikan.com

https://www.tiktok.com/@lusy_nugraha

Di tengah perjalanan, tiba-tiba bus berhenti karena ada calon penumpang seorang ibu yang membawa anaknya. Mereka terpaksa berdiri dalam bus karena tidak menemukan kursi yang kosong. Namun tak lama kemudian, salah satu penumpang yang duduk tiba-tiba berdiri dan mempersilakan ibu itu untuk duduk.

Selanjutnya, bus melaju dan di tengah perjalanan bus berhenti kembali. Ada penumpang ibu hamil yang tidak dapat kursi. Secara spontan seorang penumpang yang di dekat jendela bus itu mempersilahkan ibu hamil itu untuk duduk.

Kemudian, di tengah perjalanan bus kembali berhenti karena ada seorang lansia yang sudah tua renta naik bus itu. Karena kursi sudah penuh, salah seorang yang berada di dekat pintu langsung inisiatif mempersilakan sang kakek lansia itu untuk duduk.

TamanPendidikan.com

https://www.tiktok.com/@lusy_nugraha

Berdasarkan keterangan disebutkan bahwa ini merupakan salah satu bentuk praktik dari mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) yang membentuk pendidikan berkarakter menumbuhkan rasa kepedulian dan empati sesama manusia. Praktik pelajaran PKN ini berlangsung di SD N 4 Jati, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo.

Netizen yang melihat video ini pun merasa terharu dan memberikan komentar positif dengan memuji kegiatan ini.

"MasyaAllah apresiasai banget buat bapak ibu guru atas ilmu akhlakul karimah bagi anak-anak," tullis akun @user1172717736630.

"Semoga ini akan diingat dan diterapkan anak–anak generasi hebat," balas akun @nugroho10.

"Bagus banget. Karena sekolah bukan untuk pintar saja, namun harus diajari akhlak dan tata krama menghormati yang lebih tua," tulis akun @fazaxu.

@lusy_nugraha

♬ suara asli  - lusynugraha




Scroll to Top