Ular Belang Berbisa Ini Berakhir Jadi Santapan Katak Besar di Pinggir Sungai

"Dalam video tersebut terlihat seekor ular belang hitam-putih yang tengah meliuk-liuk berusaha melepaskan diri dari gigitan sang katak."

Viral | 09 August 2022, 16:59
Ular Belang Berbisa Ini Berakhir Jadi Santapan Katak Besar di Pinggir Sungai

TamanPendidikan.com - Sejak dahulu, hubungan katak dan ular memang tidak pernah akur. Tak melulu menjadi mangsa, seekor katak besar justru terekam kamera tengah memangsa seekor ular belang di pinggiran sawah hingga menyisakan bagian badan dan ekornya saja.

Video yang diunggah oleh akun @snakes_of_indian_subcontinent tersebut kemudian menjadi viral setelah disaksikan puluhan ribu kali oleh warganet Instagram. Dalam video tersebut terlihat seekor ular belang hitam-putih yang tengah meliuk-liuk berusaha melepaskan diri dari gigitan sang katak. Namun nahas, usahanya sia-sia karena bagi sang katak, ular tersebut telah menjadi santapannya.

Fenomena unik yang jarang terjadi itu pun menuai berbagai komentar dari warganet.
TamanPendidikan.com

WhatsApp Image 2022-08-09 at 23.59.12 (1).jpeg

"Is it common krait?” atau dalam bahasa Indonesia menjadi "Apakah itu common krait," tulis akun @itz_abhijit yang langsung divalidasi oleh pengunggah video bahwa memang benar ular dalam video bernama common krait.

"Bullfrog feeding on Krait," atau dalam bahasa Indonesia menjadi "Bullfrog memakan Krait," komentar akun @the.gaurav.

Setelah ditelusuri lebih lanjut, common krait merupakan sebutan umum untuk 15 spesies ular berbisa mematikan yang semuanya diklasifikasikan sebagai genus Bungarus. Semua jenis krait endemik di Asia bagian selatan hingga tenggara. Panjang tubuh krait berkisar antara 1 sampai 1.5 meter termasuk ekor.

Pernah juga ditemukan spesimen dengan panjang mencapai 2 meter. Spesies terbesar adalah B. fasciatus (Welang) yang panjangnya dapat mencapai 2.1 meter. Sebagian besar spesies krait memiliki sisik tubuh yang halus dan mengkilap dengan pewarnaan gelap, terang, atau kombinasi dari keduanya, serta penampang badan segitiga. Jika merasa terancam atau terganggu, krait akan menyembunyikan kepalanya di bawah gulungan badannya, dan terkadang menggerak-gerakkan ekornya untuk mengalihkan perhatian.[4] Makanan utama krait adalah ular lain, bahkan jenis atau golongannya sendiri (kanibal). Selain itu, krait juga memangsa tikus dan kadal.
TamanPendidikan.com

WhatsApp Image 2022-08-09 at 23.59.12.jpeg

Meskipun ular krait terdengar mengerikan, hal tersebut tidak berlaku bagi bullfrog. Bullfrog Amerika (Lithobates catesbeianus) merupakan salah satu amfibi besar yang beratnya mencapai 0,7 kg. Dengan panjang tubuh dewasanya sekitar 20 cm, bullfrog Amerika adalah spesies terbesar dibandingkan semua katak Amerika Utara. Jika biasanya katak adalah santapan bagi ular, bullfrog Amerika justru dapat memangsa ular-ular berukuran kecil. Hal tersebut disebabkan karena Bullfrog akan menyergap dan memakan apa saja yang muat di mulutnya, termasuk serangga, tikus, ikan, burung, hingga ular.  Mereka biasanya duduk dengan tenang untuk menunggu mangsa lewat, lalu menerjang dengan kaki belakang mereka yang kuat, dan mulut yang terbuka lebar.



Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network