Sains

Video Kuda Nil Kentut Suaranya Mirip Knalpot Motor Ini Viral

Video Kuda Nil Kentut Suaranya Mirip Knalpot Motor Ini Viral

Kuda nil tersebut lalu mengeluarkan suara keras yang terdengar aneh karena menyerupai knalpot motor

TamanPendidikan.com - Kuda nil atau badak air (Hippopotamus amphibius) adalah mamalia dari keluarga Hippopotamidae yang berukuran besar dan berasal dari Afrika sub-Sahara. Kuda nil ini merupakan hewan darat terbesar ketiga setelah gajah dan badak putih.

Nama kuda nil ternyata berasal dari serapan Bahasa Belanda, nijlpaard, yang merupakan gabungan dari kata Nijl yang berarti 'sungai Nil' dan kata paard yang berarti 'kuda'.

Kuda nil mempunyai tubuh yang besar dan berat, serta kulit kelabu gelap. Mereka juga memiliki gigi taring besar yang biasa mereka gunakan untuk mempertahankan diri dari predator. Kuda nil mempunyai ciri khas tubuh yang besar, mulut dan gigi yang sangat besar, empat kaki yang pendek dan gemuk, serta badan yang hampir tidak berambut.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/CgNzLFCpriP/

Kuda nil dewasa mempunyai berat 1,5 sampai 3 ton. Meskipun bertubuh besar dan berkaki pendek, kuda nil mampu berlari dengan cepat. Untuk jarak pendek, mereka mampu berlari secepat 30 km/jam, lebih cepat dari kecepatan lari manusia pada umumnya.

Beberapa waktu lalu, video tentang kuda nil viral di Instagram. Hal ini lantaran perilaku kuda nil yang terekam kamera sangat mencengangkan. Video yang diunggah oleh akun @lagi.viral tersebut tampak menayangkan seekor kuda nil yang sedang berdiri membelakangi sang perekam video.

Kuda nil tersebut lalu mengeluarkan suara keras yang terdengar aneh karena menyerupai knalpot motor, sehingga sebagian warganet menyebut kuda nil tersebut sedang kentut. Namun, bukan hanya angin yang keluar, tetapi kotorannya juga turut keluar dari tubuhnya.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/CgNzLFCpriP/

Warganet pun memberikan beragam komentar atas kejadian yang diduga direkam dari sebuah kebun binatang itu.

"Kentut sama ampasnya," komentar akun @trexx_portnoy.

"Kenapa dia ngga kentut di dalam air aja ya?," kata akun @pujion0.

"Kek suara moto gp," tutur akun @azizputra583.

"Suaranya kayak gitu, baunya apalagi," akun @ferry_4mpr3554 turut berkomentar.TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/CgNzLFCpriP/

Setelah ditelusuri lebih lanjut, ternyata saat kuda nil mengeluarkan suara keras dari mulutnya, bisa jadi kuda nil tersebut sedang buang angin (kentut). Kenapa bisa begitu, ya? Sebab, lubang pada struktur pencernaan kuda nil cukup sempit. Sedangkan, rongga perut kuda nil berukuran besar. Oleh karena itu, gas dari sistem pencernaannya dikeluarkan kembali melalui mulutnya.

Lalu, mengapa dalam video terlihat kuda nil mengeluarkan kotoran dari tubuhnya? Jadi, banyak jenis hewan yang memiliki ritual unik dalam menarik perhatian lawan jenis untuk kawin. Kuda nil pun demikian, tapi ritual yang mereka lakukan terbilang tak sekadar unik, tapi juga menjijikkan.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/CgNzLFCpriP/

Kuda nil jantan menarik perhatian betina dengan cara buang kotoran di depan mereka. Bahkan sambil buang kotoran, si jantan juga akan memutar-mutar ekornya supaya kotorannya terpencar ke mana-mana. Jika si betina tertarik, ia pun akan melakukan ritual yang sama, yaitu membelakangi si jantan dan buang kotoran di hadapannya. Unik ya!




Scroll to Top