Edukasi

Jelaskan Pengertian Interaksi Antar Ruang, Syarat Serta Bentuknya

Jelaskan Pengertian Interaksi Antar Ruang, Syarat Serta Bentuknya

Pahami bagaimana terjadi dan bentuk-bentuk interaksi antar ruang

TamanPendidikan.com - Sebelum membahas apa itu interaksi antar ruang, perlu kita pahami dulu bahwa interaksi adalah salah satu proses yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Seperti halnya saling bertegur sapa antara manusia satu dengan manusia yang lain.

Sedangkan ruang ialah tempat di muka bumi,  yang menjadi tempat tinggal makhluk hidup. Lebih mendalam daripada itu. Ruang bisa diartikan sebagai tempat yang lebih luas, misalnya pegunungan, pesisir pantai, atau bahkan daerah.

Interaksi antar ruang menurut buku Pasti Bisa Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SMP/MTS Kelas VII (2017)  dijelaskan bahwa interaksi antar ruang dimanfaatkan sebagai tempat berinteraksi antara individu satu dan individu lainnya, individu dengan kelompok, atau kelompok satu dengan kelompok lainnya. Di dalamnya mereka saling berinteraksi dan saling memengaruhi satu sama lain.

Secara garis besar dapat diartikan interaksi antar ruang adalah hubungan antar makhluk hidup atau suatu daerah dengan daerah-daerah lain. Hubungan tersebut saling membutuhkan satu sama lain. Interaksi antar ruang terdiri dari beberapa bentuk dan syarat yang membangunnya.


Syarat interaksi antar ruang

Agar terjadi sebuah komunikasi antar ruang maka harus ada beberapa syarat yang harus terpenuhi. Berikut adalah beberapa sayat terjadianya interaksi antar ruang:

1. Saling melengkapi (complementarity)
Maksud dari saling melengkapi adalah di antara suatu ruang dengan ruang lain saling membutuhkan sehingga akan terjadi saling melengkapi. Seperti halnya ketika satu daerah dengan daerah lain memiliki jenis penghasilan yang berbeda, maka mereka akan saling melengkapi dan membutuhkan.

2. Kesempatan antara (intervening opportunity)
Maksud dari kesempatan antara adalah sebuah penawaran alternatif, biasanya sebuah ruang menawarkan pilihan yang lebih baik dari ruang asal atau ruang tujuannya.

3. Kemudahan tranfer (transferability)
Maksud dari tranfserability adalah suatu keadaan yang dapat diserahkan atau dipindahkan. Banyak cara untuk berpindah atau bergeser dari satu ruang ke ruang lain. Namun, syarat ini memerlukan suatu biaya.

Bentuk-bentuk interaksi antar ruang

Menurut buku Modul IPS Kelas VII yang diterbitkan oleh Kemendikbud, berikut adalah pemaparan tentang bentuk-bentuk interaksi antar ruang:

1. Mobilitas sosial
Interaksi antar ruang yang terjadi dalam pergerakan manusia disebut dengan istilah mobilitas sosial. Dapat dicontohkan dalam hal tersebut seperti perpindahan penduduk Jakarta dengan penduduk sekitar, yang mencakup wilayah Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

2. Komunikasi
Komunikasi adalah bentuk interaksi antar ruang  yang terjadi melalui perpindahan sebuah gagasan dan informasi. Perpindahan tersebut dapat dilakukan baik secara langsung melalui pergerakan manusia, maupun tidak langsung melalui alat dan sarana komunikasi seperti handphone, maupun media sosial.

3. Transportasi
Interaksi antar ruang yang terjadi dalam bentuk perpindahan barang atau energi disebut dengan transportasi. Beberapa sarana transportasi, seperti ojek online, bus, taksi, kereta api, dan sebagainhya. Sarana transportasi mampu melakukan perpindahan ruang jangkau dalam kota maupun lintas kota.




Scroll to Top