Jelaskan Pengertian Tanggung Jawab, Berikut Ciri-Ciri, Aspek, Manfaat, dan Jenis-jenisnya

"Dengan Membaca Artikel Ini, Semoga Kalian Bisa Menjadi Pribadi yang Lebih Bertanggung Jawab Lagi."

Edukasi | 23 August 2022, 05:05
Jelaskan Pengertian Tanggung Jawab, Berikut Ciri-Ciri, Aspek, Manfaat, dan Jenis-jenisnya

TamanPendidikan.com - Sejak kecil, pasti kita selalu mendengar kata tanggung jawab. Bahkan, seseorang sudah diajarkan tanggung jawab sejak usia dini, karena ini merupakan salah satu elemen penting manusia dalam menjalani hidup.

Bagaimanapun, seseorang harus bertanggung jawab atas semua tindakannya serta menerima segala konsekuensinya. Maka dari itu, kamu harus paham betul tentang tanggung jawab.

Pengertian Tanggung Jawab

Dalam kamus besar Bahasa Indonesia tanggung jawab adalah keadaan di mana wajib menanggung segala sesuatu sehingga kewajiban menanggung, memikul jawab, menanggung segala sesuatunya atau memberikan jawab dan menanggung akibatnya.

Adapun tanggung jawab secara definisi menurut (Rochma 2016) merupakan kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatan baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja.

Contoh tanggung jawab yaitu seorang siswa harus belajar demi memenuhi kewajibannya. Kadar tanggung jawab ini diterima ketika dia suah menerima hasil ujian apakah nilainya nanti membaik atau buruk.

Ciri-Ciri Orang yang Memiliki Sikap Tanggung Jawab

Ciri-ciri orang yang bertanggung jawab menurut Anton Adiwiyato (2001:89) dalam Astuti (2005: 27) antara lain yaitu:

1. Melakukan Tugas Tanpa Harus Diberi Tahu

Mengerjakan tugas rutin yang dilaksanakan atas keinginan sendiri merupakan salah satu bentuk perilaku bertanggung jawab. Dengan melaksanakan tugas dari keinginan sendiri menggambarkan bahwa seseorang telah menunjukan rasa tanggung jawab yang tulus.

2. Dapat Menjelaskan Apa Yang Dilakukannya

Pekerjakan yang dilaksanakan dengan mampu mencapai target merupakan bentuk pekerjaan yang tidak sia-sia, artinya bahwa seseorang memiliki tujuan dari apa yang dikerjakan berdasarkan konsep yang ada.

3. Tidak Menyalahkan Orang Lain yang Berlebihan

Kegagalan ataupun hasil pekerjaan yang belum mencapai tujuan dengan maksimal mampu dipertanggung jawabkan oleh seseorang tanpa mencari celah ataupun kekurangan dari orang lain.

4. Bisa Membuat Keputusan yang Berbeda Dari Keputusan Orang Lain Dalam Kelompoknya

Dalam kegiatan kelompok atau berorganisasi, orang yang memiliki perilaku tanggung jawab akan lebih percaya diri dengan kreatifitas yang dimiliki dalam kegiatan kelompok.

5. Menghormati dan Menghargai Aturan

Aturan yang dibuat bukan untuk dilanggar, merupakan salah satu bentuk ataupun prinsip yang dimiliki orang yang bertanggung jawab.

6. Mengerjakan Apa yang Dikatakan.

Ide ataupun kreatifitas yang telah diniatkan, maka tentunya pasti akan tetap dilaksanakan oleh orang yang memiliki perilaku tanggung jawab. Sebab, orang yang memiliki perilaku tanggung jawab lebih memiliki komitmen yang tinggi.

7. Mengakui Kesalahan Tanpa Mengajukan Alasan yang Dibuat-buat.

Setiap kegagalan membutuhkan pengakuan dari orang yang berbuat. Namun, hal ini tentunya berbeda dengan orang yang memiliki rasa tanggung jawab yang besar. Dimana orang dengan perilaku tanggung jawab akan berterus terang dengan resiko pekerjaan yang telah dilakukannya.
Aspek-Aspek Tanggung Jawab

Untuk menjadi orang yang bertanggung jawab, maka orang membutuhkan beberapa aspek penting. Burhanudin (2000) membaginya menjadi tiga hal pokok, yakni kesadaran, kecintaan, dan keberanian. Berikut ini pemaparannya:

1). Kesadaran

Memiliki kesadaran akan etika dan hidup jujur, melakukan perencanaan dan melaksanakannya secara fleksibel, sikap produktif dalam mengembangkan diri. Agar bisa memahami sikap dalam belajar bagi dirinya sendiri.

2). Kecintaan

Memiliki sikap empati, bersahabat, dalam hubungan interpersonal. Hal ini dikarenakan individu melihat kebutuhan yang lain dan memberikan potensi bagi dirinya. Teruntuk menunjukkan ekspresi cintanya kepada individu lain.

3). Keberanian

Memiliki kemampuan bertindak independen, mampu melihat perilaku dari segi konsekuensi atas dasar sistem nilai.

Manfaat Memiliki Sikap Tanggung Jawab

Apabila seseorang mampu menerapkan sikap tanggung jawab dengan baik, tentu orang tersebu akan mendapatkan beberapa manfaat, antara lain:

1. Dengan tanggung jawab, seseorang akan lebih mendapatkan kepercayaan, penghormatan dari orang lain.
2. Dengan tanggung jawab, seseorang akan dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik. Namun, ini harus dilakukan secara konsisten ya.
3. Dengan sikap tanggung jawab, seseorang akan lebih berhati-hati dalam merencakan sesuatu ataupun ketika ingin bertindak.
4. Dengan sikap tanggung jawab, seseorang akan lebih tegar dan kuat dalam menghadapai suatu masalah.
5. Dengan sikap tanggung jawab, yang berani mengakui kesahalan seseorang akan lebih mudah mencapai kesuksesan.

Jenis-Jenis Tanggung Jawab

Sikap tanggung jawab berasal dari kemauan diri sendiri atas kewajiban yang harus dilakukan. Mengutip dari buku Kreatif Tematik Tema 6 Kelas V, berikut jenis tanggung jawab:

- Tanggung Jawab Kepada Tuhan yang Maha Esa

Sebagai umat yang beragama, manusia pasti memiliki tanggung jawab kepada tuhannya. Contoh dari tanggung jawab kepada tuhan adalah dengan menjalankan semua perintah dan menjauhi larangan-Nya.

- Tanggung Jawab Kepada Keluarga

Keluarga merupakan lingkup paling kecil untuk menjalankan sebuah tanggung jawab. Lalu apa tugasnya? Ya, kita bertanggung jawab untuk menjaga nama baik keluarga. Artinya, seseorang tidak boleh berbuat semena-mena yang bisa membuat anggota keluarganya malu.

- Tanggung Jawab Kepada Diri Sendiri

Setiap individu punya kewajiban untuk memenuhi hak dan kewajiban. Tujuan tanggung jawab kepada diri sendiri ini untuk memecahkan masalah dan mengenal diri sendiri.

- Tanggung Jawab Kepada Masyarakat

Setelah keluarga, setiap orang akan membentuk kehidupan yang lebih besar di lingkungan masyarakat. Di sini, setiap warga punya tanggung jawab yang harus dijalankan demi keamanan bersama.

- Tanggung Jawab Kepada Bangsa dan Negara

Setiap warga negara punya hak dan kewajibannya. Karena, setiap negara memiliki norma, aturan, hukum yang berlaku untuk warga negaranya. Warga negara harus bertanggung jawab kepada negara serta tidak berbuat seenaknya sendiri.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network