Dikira Batang Kayu, Ternyata King Kobra Sedang Memangsa Ular Piton Besar Di Semak-semak

"Rupanya benda panjang abu-abu yang awalnya dikira batang kayu itu ternyata adalah tubuh seekor ular king kobra. Ular king kobra itu ukurannya sangat besar dan panjang."

Viral | 23 August 2022, 10:58
Dikira Batang Kayu, Ternyata King Kobra Sedang Memangsa Ular Piton Besar Di Semak-semak

TamanPendidikan.com - Dalam suatu rantai makanan, king kobra merupakan konsumen tingkat atas yang menduduki posisi puncak. Hal tersebut terbukti oleh sebuah video unggahan akun Wargabuana yang menggegerkan jagat maya Facebook beberapa waktu lalu.

Dalam video yang berdurasi sekitar 1 menit itu terlihat seekor ular king kobra yang berada di suatu semak-semak. Namun, setelah sang perekam video menelusuri lebih lanjut, ternyata king kobra tersebut sedang memangsa seekor ular piton besar.
TamanPendidikan.com

https://fb.watch/f4qOXf8w3-/

Bermula dari sebuah benda abu-abu tergeletak di antara semak-semak. Benda itu panjang mirip sebuah batang kayu. Tapi warnanya yang abu-abu membuat orang yang merekam ragu-ragu. Tiba-tiba saja, benda panjang yang awalnya kaku itu bergerak-gerak seperti sedang menarik sesuatu.

Rupanya benda panjang abu-abu yang awalnya dikira batang kayu itu ternyata adalah tubuh seekor ular king kobra. Ular king kobra itu ukurannya sangat besar dan panjang.

Suara pria dalam video itu awalnya bingung yang mana kepala dan yang mana ekor ular king kobra tersebut. Namun temannya yakin bahwa yang mereka lihat itu adalah badan ular dan ekornya. Sementara kepalanya tertutup rerimbunan semak-semak.
TamanPendidikan.com

https://fb.watch/f4qOXf8w3-/

Terdengar kalau kedua pria dalam video itu ketakutan untuk menangkap ular king kobra raksasa itu. Akhirnya mereka hanya berani merekam dalam jarak dekat. Mereka berjalan di samping tubuh ular king kobra itu. Tapi pandangan pandangan mereka terhalang semak-semak saat ingin menemukan kepala ular kobra tersebut. Setelah menguak rimbunan semak-semak, mereka terkejut kepala king kobra itu sedang mencengkram tubuh ular piton raksasa.

Meskipun jarang terdengar, fenomena king kobra memangsa piton memang lazim terjadi di alam. Ketua Yayasan Sioux Ular Indonesia Aji Rahmat mengatakan, dengan ukuran besar, seekor king cobra mampu melawan piton dan memangsanya. Dia mengambil contoh dari foto pertarungan sengit antara king cobra vs piton yang sempat viral.

"Kalau sudah sebesar itu, makannya ular piton. Kalau pernah lihat foto viral king cobra sama piton gigit-gigitan, sebenarnya king kobra makan piton. King cobra memang kanibal dan pemakan ular," ujarnya.
TamanPendidikan.com

https://fb.watch/f4qOXf8w3-/

Aji menjelaskan sifat kanibal king kobra ternyata penting untuk menjaga ekosistem dan rantai makanan. Sebab, dengan demikian, populasi ular tidak terlalu banyak.

"Jadi fungsinya king kobra itu menjaga populasi ular biar nggak overlap. Nggak overpopulasi," jelasnya.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network