Jelaskan Pengertian Permainan Sepak Bola, Ketahui Sejarah, Teknik, Peraturan Serta Ukuran Lapangan

"Ketahui lebih dalam tentang sepak bola"

Edukasi | 25 August 2022, 03:15
Jelaskan Pengertian Permainan Sepak Bola, Ketahui Sejarah, Teknik, Peraturan Serta Ukuran Lapangan

TamanPendidikan.com - FIFA (Federation Internationale de Football Association) mengungkapkan bahwa sepak bola adalah suatu permainan yang menggunakan bola sepak dan dimainkan oleh sebelas pemain dalam satu tim serta dimainkan di atas lapangan rumput atau turf dengan ukuran panjang lapangan 90-120 meter dan lebar 45-90 meter.

Sejalan dengan yang disampaikan oleh Joseph A. Luxbacher "Sepak bola adalah suatu permainan yang dipertandingkan antara dua tim, di mana masing-masing tim terdiri dari 11 orang dan dilakukan dengan cara mempertahankan gawang dan berusaha menjebol gawang lawan."

Menurut Muhajir "Sepak bola adalah sebuah permainan yang dilakukan dengan cara menyepak bola, yang memiliki tujuan untuk memasukkan bola ke gawang lawan dan juga melakukan pertahanan agar gawang tidak kebobolan."

Sementara itu Remmy Muchtar berpendapat "Sepak bola adalah suatu permainan yang dilakukan dengan cara pengolahan bola maupun dalam pengelolahan gerak tubuh dalam permainan."

Secara umum sepak bola dapat didefinisikan sebagai cabang olahraga yang menggunakan bola berbahan kulit dan dimainkan oleh dua tim. Masing-masing tim beranggotakan 11 pemain inti dan pemain cadangan.

Sejarah singkat sepak bola

Permainan sepak bola pertama kali dikenal di China pada abad ke-2 dan ke-3 SM pada masa pemerintahan Dinasti Han.

Pada masa itu masyarakat China menggunakan bola kulit dan menyepaknya ke dalam jaring kecil. Namun, permainan sepak bola juga sudah dikenal di berbagai negara lainnya, seperti Jepang, Yunani, dan Roma.

Masyarakat Jepang, Roma, dan Yunani di masa itu melakukan permainan ini untuk bersenang-senang.

Kemudian, barulah sepak bola modern baru dimulai di Inggris dengan memberlakukan peraturan-peraturan dasar sehingga permainan ini makin populer.

Waktu itu olahraga ini sempat dilarang karena dianggap mengandung unsur kekerasan. Justru setelah itu sepak bola ternyata semakin dikenal masyarakat dunia.

Lalu, pada 1904 terbentuklah FIFA (Federation Internationale de Football Association). FIFA adalah badan pengendali internasional dalam sepak bola yang berdiri pada 21 Mei 1904 di Paris, Prancis.

Sejak itu, sepak bola kemudian menjadi suatu olahraga yang dipertandingkan antarnegara untuk memperebutkan gelar Piala Dunia.

Pertandingan Piala Dunia sendiri pertama kali diselenggarakan pada 1930 di Uruguay, dan juga dimenangkan oleh Uruguay.

Teknik dasar sepak bola

Dalam memainkan si kulit bundar, tentu para pemain harus menguasai teknik-tekni dasar sepak bola. Tujuannya adalah agar mampu memenangkan setiap pertandingan yang dilakukan.

Berikut merupakan beberapa teknik dasar dalam permainan sepak bola yang harus dikuasai oleh pemain:

1. Menendang

Menendang merupakan salah satu teknik yang perlu dikuasai pemain. Karena dengan kemampuan menendang bola yang baik akan berpotensi hebat dalam menciptakan gol ke gawang lawan.

Adapun beberapa bagian kaki yang dapat digunakan untuk menendang bola:

a. Menendang dengan kaki bagian dalam
b. Menendang dengan kaki bagian luar
c. Menendang dengan kaki bagian punggung

2. Menggiring

Menggiring merupakan salah satu teknik yang perlu dikuasai pemain. Karena menggiring adalah teknik untuk membongkar pertahanan lawan. Kemampuan menggiring yang baik akan menjadikan pemain percaya diri di lapangan.

Adapun beberapa teknik dalam menggiring bola:

a. Menggiring dengan kaki bagian luar
b. Menggiring dengan kaki bagian dalam
c. Menggiring dengan punggung kaki
d. Menggiring dengan kedua kaki secara bergantian

3. Mengoper

Teknik mengoper bola adalah bagaimana cara kita memberikan umpan kepada rekan satu tim. Mengoper bola bisa dilakukan dengan cara yang berfariasi. Tergantung situasi di lapangan. Kalian bisa mengoper dengan cara menendang, menyundul, atau memantulkan bola dengan dada.

4. Menyundul

Teknik menyundul bola adalah bagaimana kita melakukan gerakan mendorong bola dengan memakai kepala yang dilakukan ketika bola sedang melayang di udara. Tujuannya adalah untuk mendorong bola ke arah yang diinginkan pemain. Menyundul bisa untuk mengoper, menyundul juga bisa untuk mencetak gol.

5. Kontrol bola

Teknik kontrol bola adalah bagaimana cara kita menghentikan bola dengan baik ketika mendapat umpan dari teman.

Adapun beberapa tekni dalam menggontrol bola:

a. Kontrol dengan kaki bagian dalam
b. Kontrol dengan kaki bagian luar
c. Kontrol dengan kaki bagian punggung
d. Kontrol dengan kaki bagian telapak
e. Kontrol dengan kaki bagian paha
f. Kontrol dengan dada
g. Kontrol dengan kepala

6. Merebut bola

Teknik merebut bola adalah bagaimana cara kita untuk merebut bola dari serangan yang dilakukan oleh lawan. Entah dilakukan dengan cara body cash atau sleding tekel. Namun, sebisa mungkin perebutan ini terhindar dari pelanggaran yang akan merugikan baik untuk pemain maupun tim.

7. Tangkap bola

Teknik menangkap bola adalah teknik yang hanya diperuntukkan bagi penjaga gawang. Penjaga gawang merupakan pertahanan terakhir dari suatu tim sepak bola yang bertanggungjawab untuk mencegah bola masuk ke dalam gawangnya. Jadi, seorang penjaga gawang harus memiliki tangkapan yang bagus.

Peraturan permainan sepak bola

1. Waktu

Durasi permainan adalah 90 menit dan dimainkan dalam dua babak. Setiap babak berlangsung selama 45 menit, sedangkan waktu istirahat diberikan sekitar 15 menit.

Jika skor seri, diberlakukan perpanjangan waktu 2×15 menit. Jika masih seri, maka pertandingan akan dilanjutkan ke babak adu penalti.

2. Kick off

Kick off dalam permainan sepak bola dilakukan untuk memulai pertandingan pada setiap babak atau setelah terjadinya gol.

Untuk gol akan dinyatakan sah apabila bola masuk dan melewati garis gawang. Keputusan sah atau tidaknya sebuah gol mutlak ada di tangan wasit.

3. Bola keluar

Jika bola keluar melewati garis lapangan, maka akan dilakukan lemparan ke dalam.

4. Offside

Sebuah offside terjadi ketika pemain menerima umpan, sedangkan posisinya lebih dekat ke gawang lawan dan posisi berada di belakang bek lawan.

5. Tendangan sudut

Tendangan sudut akan terjadi ketika bola keluar dan melewati garis gawang. Sebelum keluar bola terlebih dulu mengenai lawan.

6. Penalti

Sebuah penalti akan terjadi ketika melakukan pelanggaran di wilayah penjaga gawang. Baik pelanggaran akibat kontak fisik maupun pelanggaran akibat handball.

Ukuran lapangan sepak bola

TamanPendidikan.com

Pexels.com

- Panjang 100–110 meter
- Lebar 64–75 meter
- Lebar gawang 7,32 meter
- Tinggi gawang 2,44 meter
- Jari-jari lingkaran tengah: 9,15 meter
- Daerah penalti: 40,39x16,5 meter
- Daerah gawang: 18,35x5,5 meter
- Diameter bola: 21-22,5 cm
- Keliling lingkaran bola: 68-71 cm


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network