Jelaskan Pengertian Wawasan Nusantara, Berikut Asas Serta Implementasinya

"Pahami lebih dalam tentang asas serta implementasi dari wawasan nusantara"

Edukasi | 27 August 2022, 04:35
Jelaskan Pengertian Wawasan Nusantara, Berikut Asas Serta Implementasinya

TamanPendidikan.com - Wawasan nusantara adalah cara pandang terhadap bangsa dengan tujuan menjaga persatuan dan kesatuan, yang diwujudkan dengan mengutamakan kepentingan nasional dibanding kepentingan pribadi, kelompok atau golongan tertentu.

Wawasan nusantara juga bisa diartikan cara pandang bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungannya berlandaskan Pancasila sebagai ideologi negara berdasarkan UUD 1945, yang menjiwai penyelengaraan negara dalam mencapai tujuan nasional.

Wawasan nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya, baik ke dalam (internal) maupun ke luar (eksternal) dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa, kesatuan wilayah dalam penyelenggaraan seluruh aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara untuk mencapai tujuan nasional.

Tujuan wawasan nusantara ke Luar adalah untuk menjamin kepentingan nasional dalam era globalisasi yang kian mendunia maupun kehidupan dalam negeri.

Tujuan wawasan nusantara ke dalam adalah menjamin persatuan dan kesatuan di segenap aspek kehidupan nasional, baik aspek alamiah maupun aspek sosial.

Wawasan nusantara menurut para ahli

Prof. Wan Usman

Wawasan nusantara adalah cara pandang bangsa Indonesia mengenai diri dan tanah air sebagai negara kepulauan dalam segala aspek kehidupan yang beragam.

M Panggabean

Wawasan nusantara ialah doktrin politik bangsa indonesia untuk mempertahankan kelangsungan hidup NKRI berlandaskan Pancasila dan UUD 1945 dengan mempertimbangkan pengaruh ekonomi, geografi, demografi, teknologi, dan kemungkinan strategis lain.

Samsul Wahidin

Wawasan Nusantara adalah cara memahami, cara menghayati, cara bersikap, cara bertindak, cara berpikir dan bertingkah laku bagi bangsa Indonesia sebagai hasil dari interaksi psikologis, sosiokultural dalam arti luas dengan aspek-aspek astagatra.

Sumarsono

Wawasan nusantara merupakan nilai yang menjiwa segenap peratuan perundang-undangan yang berlaku pada setiap strata di seluruh wilayah negara. Peraturan tersebut menggambarkan sikap, perilaku, paham, dan semangat nasionalisme kebangsaan yang tinggi dan menjadi identitas jati diri bangsa indonesia.

Munadjat Danusaputro

Wawasan nusantara berarti cara pandang bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungannya dalam eksistensi yang saling berhubungan serta penerapannya di tengah lingkungan berdasarkan asas nusantara.

Asas wawasan nusantara

Asas wawasan nusantara merupakan kaidah atau ketentuan dasar yang wajib dipatuhi agar tercipta perdamaian serta keseimbangan di Indonesia. Berikut beberapa asas yang harus dipatuhi adalah sebagai berikut:

- Asas Kejujuran

Berani berpikir dan bertindak hanya yang sesuai dengan fakta serta kenyataan, wajib dilakukan demi tercapainya kemajuan.

- Asas Solidaritas

Kesetiaan menjadi tonggak utama dalam menciptakan persatuan serta kesatuan suatu negara. Rasa setia kawan atau solidaritas dapat menjadi kekuatan tersendiri untuk mewujudkan tujuan dan cita-cita nasional.

- Asas Kesamaan Tujuan

Mempunyai tujuan serta kepentingan yang sama. Misalnya, di masa kemerdekaan saat semua rakyat Indonesia melakukan perjuangan bersama-sama untuk mengusir para penjajah.

- Asas Kerja Sama

Kerjasama serta koordinasi tersebut dapat dilaksanakan atas dasar kesetaraan agar terciptanya efektivitas dalam mencapai tujuan bersama.

- Asas Keadilan

Seluruh elemen masyarakat mempunyai hak yang sama dalam mendapatkan keadilan dan mewujudkan tujuan serta cita-cita nasional. Hal ini berlaku dalam segala aspek kehidupan bernegara, baik keadilan secara hukum, ekonomi, politik, serta sosial.


Implementasi wawasan nusantara

Menurut buku Pendidikan Kewarganegaraan, implementasi wawasan nusantara berorientasi kepada kepentingan rakyat dan wilayah tanah air, di antaranya adalah sebagai berikut:

- Implementasi wawasan nusantara dalam ekonomi

Implementasi wawasan nusantara dalam kehidupan ekonomi akan menciptakan tatanan ekonomi yang menjamin pemenuhan dan peningkatan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat secara merata dan adil.

- Implementasi wawasan nusantara dalam sosial budaya

Implementasi wawasan nusantara dalam kehidupan sosial budaya akan menciptakan sikap batiniah dan lahiriah yang mengakui, menerima, dan menghormati segala bentuk perbedaan atau kebhinekaan sebagai kenyataan hidup sekaligus karunia Sang Pencipta.

- Implementasi wawasan nusantara dalam politik

Implementasi wawasan nusantara dalam kehidupan politik akan menciptakan iklim penyelenggaraan negara yang sehat dan dinamis.

- Implementasi wawasan nusantara dalam pertahanan dan keamanan

Implementasi wawasan nusantara dalam kehidupan pertahanan dan keamanan akan menumbuh kembangkan kesadaran cinta tanah air dan bangsa yang akan membentuk sikap bela negara pada setiap warga negara Indonesia.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network