Jelaskan Pengertian Seni Patung, Berikut Jenis, Fungsi, Serta Ketahui Teknik Membuatnya

"Ketahui jenis-jenis serta teknik dalam membuat patung"

Edukasi | 30 August 2022, 03:45
Jelaskan Pengertian Seni Patung, Berikut Jenis, Fungsi, Serta Ketahui Teknik Membuatnya

TamanPendidikan.com - Pengertian seni patung ialah suatu seni tiga dimensi yang dibuat dengan berbagai cara, seperti memahat, modeling, dan lain sebagainya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), seni memiliki arti sebagai keahlian membuat karya yang bermutu, dan patung adalah tiruan bentuk orang, hewan, dan sebagainya dibuat (dipahat dan sebagainya) dari batu, kayu, dan sebagainya.

Lalu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendukbud), memaparkan bahwa seni patung merupakan karya seni rupa berbentuk tiga dimensi yang diciptakan dengan metode substraktif (mengurangi volume) dan metode adiktif (penambahan volume).

BS Myers menuturkan seni patung adalah karya seni tiga dimensi yang tidak terikat pada latar belakang apa pun atau bidang mana pun pada suatu bangunan.

Seni patung dapat diamati dengan cara melihat ke sekelilingnya, sehingga tampak menarik atau terasa mempunyai makna pada semua sisinya.

Banyak hal yang perlu kita pahami dalam seni patung. Agar jebih mengerti, simak ulasan berikut tentang jenis, fungsi, serta teknik-teknik dalam membuat patung.

Jenis-jenis Patung

TamanPendidikan.com

Pexels.com

Seni patung memiliki beberapa jenis yang berbeda dan harus kita ketahui. Berikut adalah beberapa jenis dari patung, antara lain:

Monumental
Patung monumental biasanya memiliki fungsi sebagai bentuk penghargaan dan mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur membela suatu bangsa dan negara.

Hiasan
Patung hiasan merupakan jenis patung yang memiliki fungsi untuk memberikan kesan indah di suatu tempat atau mempercantik halaman pada rumah bagi setiap orang yang melihatnya.

Religi
Patung religi ini umumnya digunakan untuk memenuhi keperluan agama seperti pemujaan atau peribadatan.

Zonde Bosse
Zonde Bosse merupakan bentuk patung yang mampu berdiri sendiri, tidak ada bantuan dari sisi sebelah kanan dan kirinya.

Relief
Relief merupakan bentuk patung yang menempel pada permukaan dinding. Biasanya relief ini menggambarkan sebuah adegan dari cerita.

Figuratif
Patung figuratif adalah jenis seni yang menghasilkan patung yang hasilnya hampir mirip atau serupa dengan bentuk objek yang ditirukan.

Nonfiguratif
Patung nonfiguratif adalah jenis seni patung yang bertujuan menghasilkan patung yang memiliki bentuk tidak serupa dengan bentuk dari objek yang ditirukan.

Fungsi Patung

TamanPendidikan.com

Pexels.com

Patung tidak hanya diciptakan begitu saja, ada tujuan khusus serta fungsi dari penciptaan sebuah patung. Berikut beberapa fungksi dari penciptaan sebuah patung:

Patung Sebagai Seni
Patung seni merupakan fungsi patung yang biasanya digunakan untuk kepentingan estetik. Patung seni tidak memiliki kepakeman dalam hasil bentuknya.

Patung Sebagai Religi
Patung religi biasanya digunakan untuk acara peribadatan atau pemujaan oleh para pemeluk agama. Patung religi merupakan sebuah sarana untuk meningkatkan rasa religius bagi setiap orang yang mempercayainya.

Patung Sebagai Monumen
Patung monumen biasanya digunakan banyak orang sebagai monumen yang memiliki fungsi untuk mengenang jasa para pahlawan atau kelompok tertentu yang telah gugur.

Patung Sebagai Dekorasi
Patung dekorasi memiliki fungsi sebagai dekorasi dengan tujuan untuk memberikan kesan keindahan dalam sebuah ruangan maupun jika ditempatkan di luar ruangan.

Patung Sebagai Kerajinan
Patung kerajinan merupakan patung yang memiliki bentuk yang disesuaikan dengan kebutuhan atau keinginan pasar.

Patung Arsitektur
Patung arsitektur merupakan pantung yang memiliki fungsi sebagai penunjang dan pelengkap sebuah konstruksi dalam sebuah bangunan.

Teknik Membuat Patung

TamanPendidikan.com

Pexels.com

Ada beberapa teknik pembuatan dari sebuah patung. Teknik tersebut ditentukan berdasarkan jenis patung yang akan dibuat atau berdasarkan bahan yang akan digunakan. Berikut adalah teknik yang digunakan saat pembuatan patung:

Teknik Pahat
Teknik pahat merupakan proses pembuatan patung yang menggunakan bahan dengan bentuk yang keras.

Teknik Cetak
Teknik cetak adalah cara pembuatan patung yang dilakukan menuangkan cairan bahan patung pada cetakan yang telah dibuat lalu mendiamkannya hingga kering.

Teknik Butsir
Teknik butsir adalah suatu teknik dalam membuat patung atau seni kriya lainnya yang menggunakan bahan yang berbentuk lunak.

Teknik Rakit
Teknik rakit adalah teknik pembuatan patung yang dilakukan dengan cara merangkai seluruh bahan-bahan yang digunakan.

Teknik Modelling
Teknik modelling merupakan teknik pembuatan patung yang dilakukan dengan cara membuat model dari objek yang akan dibuat terlebih dahulu.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network