Ikan Melimpah di Papua, Tangkap Ikan Tak Perlu Mancing Cukup Celupkan Baju di Sungai

"Karena sangking banyaknya ikan di sungai Papau, untuk menangkap ikan jenis ini tak perlu memancing, tinggal cukup mencelupkan baju saja sudah bisa dapat."

Viral | 31 August 2022, 03:01
Ikan Melimpah di Papua, Tangkap Ikan Tak Perlu Mancing Cukup Celupkan Baju di Sungai

TamanPendidikan.com - Ikan duri (Hexanematichthys sagor) adalah sejenis ikan manyung yang biasa didapati di tepi pantai berlumpur dan kuala sungai. Ikan berharga murah ini juga dikenal dengan nama-nama lain seperti kadukang, dukang, badukang, bedukang, pedukang, atau babukan (aneka dialek bahasa Melayu); dan juga kedapang waru (Jw.). Sementara dalam bahasa Inggris ikan ini disebut Sagor catfish, Sagor sea-catfish, atau Sunda sea-catfish.

Ikan bertubuh sedang, licin tak bersisik; panjang hingga 45 cm dengan bentuk kepala memipih datar ke arah moncong. Ikan ini juga dilengkapi dengan tiga pasang sungut; sepasang yang paling panjang di antaranya berada di rahang atas, ujungnya mencapai pertengahan sirip dada atau lebih. Sisi atas kepala dengan keping-keping tulang serupa perisai yang berpola kasar permukaannya.

Di Indonesia sendiri banyak ditemukan di wilayah luar Jawa, seperti di daerah Papua atau Sumatera. Namun sebagian warga wilayah tersebut seperti di Papua, ada yang percaya dengan mitos untuk tidak mengambil ikan jenis tersebut, jika dilakukan nantinya akan tertimpa mushibah bagi yang melakukannya.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/reel/Ch1EJxWpnDi/?igshid=MDJmNzVkMjY%3D

Karena sangking banyaknya ikan di sungai Papau, untuk menangkap ikan jenis ini tak perlu memancing, tinggal cukup mencelupkan baju saja sudah bisa dapat.

Momen tersebut terlihat dalam video yang diunggah oleh akun instagram @ gofishingindonesia
"Papua nih bos ๐ŸŽฃ๐ŸŽฃ๐ŸŽฃ. Banyaknya ikan duri, pakai baju masam bekas kerja aja di makan ikan ๐Ÿ‘," tulis dalam keterangan unggahannya.

Dalam video tersebut nampak dua orang pemuda tengah duduk di pinggir sungai, salah seorang dari mereka sengaja mencelupkan bajunya ke sungai. Siap sangka, sekumpulan ikan duri menyangkut di baju masam bekas kerja pemuda itu. Namun teman di sampingnya malah menjatuhka ikan-ikan itu dengan gayungnya.

Mereka menjatuhkan kembali ikan tersebut karena mungkin masih meyakini adanya mitos yang masih berlaku disana. Ataupun karena sangking melimpahnya ikan disana, mereka sampai tidak berkeinginan untuk menangkapnya.

"Ikan melimpah, bagimana cara pun bisa menangkapnya," tulis dalam video.

Mereka tampak tertawa lepas sesusai menangkap ikan duri di pinggiran sungai yang terlihat masih bersih dan indah itu. Walaupun mereka segera melepaskannya kembali ke sungai, namun video tersebut kini pun sudah disukai 4 ribu lebih.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/reel/Ch1EJxWpnDi/?igshid=MDJmNzVkMjY%3D

Video itu juga menuai beragam komentar dari warganet yang menyaksikan. Banyak yang mengira ikan itu merupakan ikan patin.

"Kalo patin gak heran saya mah emang gampang...terkenal rakus nya klo patin๐Ÿ˜‚," ujar akun @ al_do9139.

"Ikan patin enak di gulai asam tempoyak ๐Ÿคค," jawab akun @ ocha_wija_yani.

"Waaah mantaaap ๐Ÿ‘ emang bener ya klu alam kita jaga kita rawat, maka alam akan memberikan kebutuhan kita, terlihat dari alamnya yg bersih dan indah," ungkap akun @ dharasgar.

"Sampe orang nya gak kepengin nangkap, sangking banyaknya๐Ÿ˜‚," ucap akun @ cucuk.izzudin.

"Berani berenang situ auto jadi tulang dah ๐Ÿ˜…," sahut akun @ baguz_engkizz96.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/reel/Ch1EJxWpnDi/?igshid=MDJmNzVkMjY%3D

"Itu ikan Sembilang kalo Orang Sini sebutnya,Sedikit Yg Mengkonsumsi sih...coz,dagingnya sangat amis dan Berlendir(tp buat yg doyan katanya enak)....Kebanyakan Buat Umpan perangkap Kepiting,memang ditempat2 Tertentu Ikan itu sangat Buanyaaaak.," ungkap akun @ munaya_doel.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network