Jelaskan Pengertian Ilmu Ekonomi, Ketahui Jenis Serta Cabangnya

"Apa itu ilmu ekonomi? Simak ulasan berikut ini"

Edukasi | 31 August 2022, 09:15
Jelaskan Pengertian Ilmu Ekonomi, Ketahui Jenis Serta Cabangnya

TamanPendidikan.com - Ilmu ekonomi ialah ilmu yang menelaah perilaku keuangan pasar mulai dari suku bunga, nilai tukar, siklus bisnis, perdagangan internasional, kebijakan pemerintah hingga efisiensi penggunaan sumber daya alam.

Ilmu ekonomi merupakan ilmu yang mempelajari bagaimana seorang individu atau masyarakat memilih cara penggunaan sumber daya yang langka untuk memenuhi kebutuhan yang tidak terbatas.

Agar lebih memahami apa itu ilmu ekonomi lebih dalam. Simaklah ulasan dari beberapa pendapat ahli berikut ini.

Ilmu Ekonomi Menurut Ahli

Mankiw

"Ilmu ekonomi merupakan ilmu yang mempelajari pemahaman atas beragam potensi dan keterbatasan kebijakan ekonomi. Ilmu ekonomi adalah mempelajari bagaimana suatu individu kemudian saling berinteraksi satu sama lain."

Adam Smith

"Ilmu ekonomi yaitu ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia dalam usahanya untuk mengalokasikan sumber-sumber daya yang terbatas guna mencapai tujuan tertentu secara sistematis."

Abraham Maslow

"Ilmu ekonomi adalah salah satu bidang pengkajian yang mencoba menyelesaikan masalah keperluan asas kehidupan manusia melalui penggemblengan segala sumber ekonomi yang ada dengan berasaskan prinsip serta teori tertentu dalam suatu sistem ekonomi yang dianggap efektif dan efisien."

Paul A. Samuelson

"Ilmu ekonomi adalah sebagai ilmu pilihan yang mempelajari bagaimana orang memilih menggunakan sumber produksi yang langka atau terbatas untuk memproduksi berbagai komoditi dan menyalurkannya ke berbagai anggota masyarakat untuk segera dikonsumsi."

Alfred Marshall

"Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tindakan manusia secara perorangan pun kolektif dan kaitannya dalam penggunaan barang-barang material."

John Stuart Mill

"Ilmu ekonomi merupakan ilmu yang mempelajari beragam seluk beluk penagihan dan pengeluaran. Tak hanya itu menurut stuart ekonomi juga membahas berbagai kegiatan produksi dan distribusi kekayaan."

Oscar Langen

"Ilmu ekonomi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tata administrasi dari berbagai sumber daya baik sumber daya kecil maupun besar yang kemudian dianalisis sehingga dapat dipergunakan kembali bagi kehidupan manusia secara maksimal dan sebaik-baiknya."

Jenis Ilmu Ekonomi

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

1. Ilmu Ekonomi Deskriptif
Ilmu ekonomi deskriptif adalah jenis ilmu ekonomi yang bertugas mengumpulkan keterangan-keterangan nyata dan relevan dengan masalah ekonomi.

2. Teori Ekonomi
Teori ekonomi adalah jenis ilmu ekonomi yang bertugas menyusun model analisis ekonomi untuk menerangkan perilaku sistem perekonomian secara garis besar.

Teori ekonomi terbagi menjadi 2, yaitu:

a. Ekonomi makro
Ekonomi makro adalah bagian dari teori ekonomi yang mempelajari perilaku perekonomian secara agregat atau keseluruhan.

b. Ekonomi mikro
Ekonomi mikro adalah bagian dari teori ekonomi yang mempelajari perilaku perekonomian secara individual. Misalnya perilaku rumah tangga produsen dan konsumen.

3. Ekonomi Terapan
Ekonomi terapan adalah jenis ilmu ekonomi yang bertugas menggunakan hasil-hasil pemikiran teori ekonomi, untuk menerangkan keterangan-keterangan nyata yang dikumpulkan oleh ekonomi deskriptif.

Cabang Ilmu Ekonomi

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

1. Ilmu Ekonomi Publik
Ilmu ekonomi publik yaitu cabang ilmu ekonomi yang membahas tentang kebijakan pemerintah dalam perekonomian.

2. Ilmu Ekonomi Moneter
Ilmu ekonomi moneter merupakan cabang ilmu ekonomi yang membahas tentang uang, perbankan, dan lembaga keuangan lainnya.

3. Ilmu Ekonomi Regional
Ilmu ekonomi regional ialah cabang ilmu ekonomi yang membahas tentang interaksi ekonomi antar wilayah dan proses perkembangan suatu wilayah

4. Ilmu Ekonomi Internasional
Ilmu ekonomi internasional adalah cabang ilmu ekonomi yang membahas tentang kegiatan perekonomian antar bangsa atau antar bangsa.

5. Ilmu Ekonomi Industri
Ilmu ekonomi industri merupkan cabang ilmu ekonomi yang memfokuskan pembahasan pada interaksi berbagai perusahaan dalam industri.

6. Ilmu Ekonomi Syariah
Ilmu ekonomi syariah ialah cabang ilmu ekonomi syariah bertujuan untuk menerapkan ekonomi syariah.

7. Ilmu Ekonomi Sumber Daya Alam
Ilmu ekonomi Sumber Daya Alam adalah cabang ilmu ekonomi yang membahas masalah dan alokasi sumber daya alam yang optimal menurut ekonomi.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network