Sering Garuk Kepala, Bocah SD Ini Akhirnya Dicek Gurunya Ternyata Rambutnya Sarang Kutu

"Ibu guru itu lantas menanyakan, apakah orang tuanya sudah mengetahui keadaan bocah SDi itu dan pernah mengecek rambutnya"

Viral | 01 September 2022, 05:57
Sering Garuk Kepala, Bocah SD Ini Akhirnya Dicek Gurunya Ternyata Rambutnya Sarang Kutu

TamanPendidikan.com - Kutu rambut adalah parasit yang hidup di kulit kepala dan mengakibatkan kepala gatal. Parasit ini umum ditemukan pada anak usia prasekolah dan anak usia sekolah, yakni anak-anak yang berusia 3-11 tahun. Istilah medis untuk penyakit yang disebabkan oleh kutu rambut adalah Pediculosis capitis.

Seseorang dapat terkena kutu rambut akibat kontak dengan kepala orang lain yang memiliki kutu rambut. Hal ini berbeda dengan anggapan di masyarakat bahwa kutu rambut muncul akibat buruknya kebersihan rambut dan kulit kepala, atau akibat tertular dari hewan.

Kutu rambut umumnya adalah parasit yang tidak berbahaya bagi manusia. Meski demikian, kutu rambut yang tidak mendapatkan penanganan dapat menyebabkan rasa tidak nyaman dan iritasi pada penderitanya akibat menggaruk kulit kepala yang gatal.
TamanPendidikan.com

https://www.tiktok.com/@zeraazzahra/video/7137603070661332251?is_copy_url=1&is_from_webapp=v1&lang=en

Di zaman yang sudah modern ini masih ada juga yang mempunyai permasalahan dengan penyakit kutu rambut. Di mana sudah banyak ditemukan jenis shampo dan obat ataupun sejenisnya untuk membersihkan rambut kepala yang dulunya masih banyak yang menjadi sarang kutu.

Seperti yang dialami oleh anak usia sekolah dasar ini. Bocah ini sering menggaruk-garuk kepala, ternyata rambut bocah SD ini menjadi sarang kutu seuasai dicek oleh gurunya. Momen guru saat mengecek rambut bocah SD yang ditemukan rambutnya banyak kutunya ini direkam oleh ibu guru yang juga diunggah dalam akun tiktok pribadinya dengan nama akun @ zeraazzahra.
TamanPendidikan.com

https://www.tiktok.com/@zeraazzahra/video/7137603070661332251?is_copy_url=1&is_from_webapp=v1&lang=en

"Kesehatan dan kebersihan kepala anak sekolah itu penting sekali agar mereka bisa bersemangat sekolah dan bisa mengikuti pelajaran dengan baik pula," tulis dalam caption ungahanya untuk mengingatkan.

Dalam tayangan video tersebut didapati seorang ibu guru sedang menyisir rambut anak didiknya yang masih di bangku sekolah dasar. Ibu guru itu mengecek rambut anak didiknya dikarenakan bocah tersebut sering garuk garuk rambut kepala.

Setelah dicek dan menyisir rambut bocah SD ini, tak disangka ternyata banyak ditemukan kutu yang keluar. Ibu guru itu lantas menanyakan, apakah orang tuanya sudah mengetahui keadaan bocah SDi itu dan pernah mengecek rambutnya? Bocah SD itu berujar bahwa ibunya sudah mengetahuinya dan hanya menyisiri saja, tanpa memberikan penanganan lebih dengan memberikan obat khusus.

Video tersebut hingga kini sudah disukai 47 ribu lebih dan dibanjiri beragam komentar dari warganet yang menyaksikan.
TamanPendidikan.com

https://www.tiktok.com/@zeraazzahra/video/7137603070661332251?is_copy_url=1&is_from_webapp=v1&lang=en

"kasihan adeknya🥺kita tak pernah tu bgaimna keadaan kluarganya, utk ibu guru TERIMA KASIH banyak atas segala perhatiannya🙏🏻🤗🥰🥰," ungkap akun @ PawonBund'

"Beli peditox di apotek, nanti suruh anaknya pake dirumah bu. Insyaallah dgn peditox sekali pakai langsung mati kutu dan telurnya," ujar akun @ abcd.

"klo peditok gk mempan pakai makarezo crimbat yg jel atau yg krim di jaminontok sm telur"nya," jawab akun @ user7785177623012.

"astaghfirullah kebayang sengsara e anak e gimana..pasti kepala gatel ngrenyepp sebanyak itu tumo e..bravo ibu guru NYAAAA lopeee lopeee🥰," ugkap akun @ sukamakan.

"terima kasih bu guru udah jadi orang baik dan contoh baik juga buat anak-anak di sekolahan buat peduli sesama juga🥰🥰," ujar akun @ the zero taeng.

"bu diparingi minyak zaitun trus disisir suri, nanti lingso2 ikut kesisir suri," jawab akun @ aku ya aku.

"Dulu pernah kyk gini solusinya di habisin rambut atau botak, stlh itu baru melakukan perawatan lg dr nol," ujar akun @ Kerasakit.TamanPendidikan.com

https://www.tiktok.com/@zeraazzahra/video/7137603070661332251?is_copy_url=1&is_from_webapp=v1&lang=en

"fix anak ora kopen.. dulu waktu kecil pas tau di kepalaku ada kutunya.. shari ibuku gak ngapa²in.. fokus nyari kutu sampe abis," ungkap akun @ Mikhaylaadam.

"sesbk apapun hrsnya ibunya beliin obat sih kalo ga sempet Krn kerja,dl q jg kutuan dibeliin kapur ajaib gantian sm adik Krn ibu Krj SBK cri uang,"
tulis akun @ 🌻Canda Dinanti.

@zeraazzahra

Kesehatan dan kebersihan kepala anak sekolah itu penting sekali agar mereka bisa bersemangat sekolah dan bisa mengikuti pelajaran dengan baik pula

♬ suara asli  - Zera Az Zahra


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network