Cara Menggunakan Mendeley di Word, Lengkap dengan Link Download Aplikasinya

"Bagi Anda yang Melakukan Penelitian Wajib Baca Artikel ini."

Edukasi | 02 September 2022, 04:20
Cara Menggunakan Mendeley di Word, Lengkap dengan Link Download Aplikasinya

TamanPendidikan.com - Cara menggunakan Mendeley sangat penting diketahui oleh mahasiswa atau orang yang bekerja di bidang pengetikan.

Mendeley adalah sebuah perangkat lunak (software) untuk melakukan pengolahan/manajemen referensi. Aplikasi ini membantu para peneliti seperti pelajar dan akademisi untuk membuat karya ilmiah, karena bisa melakukan sitasi dan mengelola referensi (daftar pustaka) dengan mudah dengan hanya sekali “klik”.

Tidak hanya itu, Mendeley juga memiliki fitur-fitur yang dapat mendukung penelitian. Perlu dipahami, Mendeley memiliki fungsi utama untuk mengelola daftar referensi untuk penulisan, mengatur kutipan ke dalam format tertentu dan sebagai alat pencarian yang dapat men-download referensi.

Selain memiliki fungsi utama sebagai manajemen artikel dan referensi ilmiah aplikasi Mendeley juga berfungsi untuk berkolaborasi, membuat grup penelitian dan statistik.

Sayangnya, masih banyak orang yang belum menguasai betul cara menggunakan Mendeley dan mungkin kamu salah satunya? Jangan khawatir, berikut mimin bagikan langkah-langkahnya.

1. Mendownload dan Menginstall Mendeley

Software Mendeley bisa didownload secara gratis melalui website: https://www.mendeley.com/downloads

TamanPendidikan.com

Mendeley Siap di Download

Selanjutnya pilih download lalu akan tampil kotak dialog untuk penyimpanan file Mendeley.

2. Kemudian, buka folder download dan instal seperti melakukan instalasi aplikasi pada umumnya.
3. Buka aplikasi dan pilih fitur “Registrasi” yang ada di sebelah kiri bawah aplikasi, anda akan dibawah ke halaman baru, lalu lakukan pengisian data sesuai yang dibutuhkan.
4. Setelah mendaftarkan akun di Mendeley, kembali lagi ke aplikasi untuk masukan Email dan Password sesuai dengan yang anda daftarkan tadi.

Cara Memasukan Ebook/Jurnal ke Mendeley

1. Buka aplikasi dan login ke akun Mendeley kamu.
2. Klik fitur/menu “File” lalu “Add File” pilih folder jurnal yang tersimpan dalam komputer/laptop milik Anda.
3. Lalu, sinkronkan Mendeley ke dalam MS Word dengan cara pilih menu “Tools” kemudian pilih “Instal MS Word Plugin”.

Cara Melakukan Sitasi Mendeley di MS Word

1. Buka Mendeley, klik “File”, lalu pilih “Add files”, lalu cari file jurnal yang ingin Anda tambahkan. Namun, ebelum menambahkan pastikan file jurnal kamu sudah dalam format PDF (.pdf).
2. Kemudian buka Word kembali, klik “References” dan pada kolom Mendeley Pilih “Style“, untuk menyesuaikan jenis sitasi yang kamu inginkan, apakah itu Harvard Style, APA style atau yang lainnya.
3. Lalu klik “Insert citation” dan akan muncul kolom dari Mendeley, klik search dan cari penulis atau judul dari tulisan yang Anda kutip. Jika sudah ketemu, klik “OK” dan nanti secara otomatis Mendeley akan melakukan sitasi pada kutipan yang kamu tulis.

Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis Menggunakan Mendeley

1. Kursor Anda hanya perlu pergi ke halaman daftar pustaka.
2. Kemudian, klik menu “References” yang ada di Wors dan klik “Insert Bibliography”. Tinggal ditunggu saja otomatis hasil daftar pustaka akan tampil sesuai dengan sitasi yang Anda inginkan sebelumnya.

Setelah Anda membaca dengan seksama terkait bagaimana cara menggunakan Mendeley, sekarang giliran Anda untuk mempraktekkannya secara langsung. Good Luck!


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network