Sungai Mengering Hingga Tinggal Lumpur Ini Dipenuhi Ratusan Ikan Lele Besar-besar

"Ratusan ikan lele didapati bertahan hidup di kubangan lumpur."

Viral | 03 September 2022, 01:40
Sungai Mengering Hingga Tinggal Lumpur Ini Dipenuhi Ratusan Ikan Lele Besar-besar

TamanPendidikan.com - Ratusan ikan lele didapati bertahan di kubangan lumpur. Ikan-ikan lele tersebut saling bertumpuk dilumuri lumpur.

Nampak lele-lele tersebut satu sama lain kesulitan bergerak. Terlihat sebagian lele hanya dapat mengibaskan ekornya.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/peixeselvagem/

Video ratusan lele di kubangan lumpur ini diunggah oleh akun @peixeselvagem di Instagram. Di tayangan itu, lele yang terjebak di lumpu ini didapati oleh seseorang. Ukuran ikan lele tersebut tergolong besar-besar atau jumbo. Fenomena ini lalu ia rekam.

Lele tersebut terjebak di sungai yang mengering.  Dilanda kekeringan, sungai tersebut jadi kawasan lumpur. Nampak di video, rumput-rumput di sekitaran kubangan lumpur juga mengering.

Meski berada di kubangan lumpur, ratusan ikan lele ini masih bisa bertahahan hidup. Pasalnya, lele memiliki alat pernapasan tambahan selain insang, yaitu labirin.  Ikan labirin adalah ikan yang memiliki labirin dalam tubuhnya sehingga dapat mengambil oksigen secara langsung dari permukaan air.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/peixeselvagem/

Labirin pada ikan merupakan alat pernapasan tambahan berupa lipatan epitelium pernapasan yang terbentuk dari turunan lembar insang pertama. Labirin terletak di suatu rongga di belakang atau di atas insang. 

Dengan adanya labirin, ikan mampu hidup dan bertahan di perairan yang miskin oksigen terlarut, asalkan di permukaan perairan terdapat udara bebas.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network