Cara Menggunakan Test Pack dengan Benar, Dijamin Akurat

"Silahkan disimak ibu-ibu…."

Edukasi | 03 September 2022, 04:12
Cara Menggunakan Test Pack dengan Benar, Dijamin Akurat

TamanPendidikan.com - Banyak masyarakat menggunakan test pack untuk mengecek kehamilan. Alat ini memang memiliki keakuratan hingga 99% jika tahu cara menggunakan test pack dengan benar.

Cara menggunakan test pack yang salah dapat menimbulkan hasil yang tidak akurat juga. Maka dari itu, bagi kamu yang hendak menggunakan test pack harus menyimak artikel ini hingga tuntas.

Akan tetapi, sebelum membahas bagimana cara menggunakan test pack, alangkah lebih baik jika kamu mengetahui dulu bagaimana cara kerja test pack atau tespek.

Mengkutip dari Healthline, test pack bekerja mendeteksi hormon human chorionic gonadotropin (hCG). Hormon ini hanya muncul saat wanita sedang hamil.  Hormon hCG ini terkandung dalam urine dan bisa dideteksi dengan test pack.

Hormon ini akan terdeteksi hanya jika sel telur telah yang dibuahi menempel di dinding rahim. Kadarnya sendiri pun akan ikut meningkat seiring bertambahnya usia kehamilan.

Tapi, cara mengecek kehamilan dengan metode ini tidak bisa dilakukan sembarangan. Meski test pack memiliki keakuratan hingga 99%, hasil yang salah mungkin saja terjadi. Hal ini disebabkan oleh waktu dan cara penggunaan test pack yang tidak tepat.

Cara Menggunakan Test Pack

Lantas, bagaimana cara menggunakan test pack yang baik dan benar? Mengkutip dari Very Well Family dan The Bump, berikut penjelasan lengkapnya:

1. Memilih Test Pack

Ada beragam jenis test pack yang beredar di pasaran dan Kamu bisa memilih sesuai keinginan serta kebutuhan. Terdapat 3 jenis test pack yang bisa Kamu beli yaitu test pack strip, test pack dengan wadah, dan test pack digital.

Masing-masing test pack ini memiliki cara penggunaan yang berbeda. Jenis test pack strip dan dengan wadah paling mudah ditemukan di apotek. Ada berbagai merk yang bisa Kamu beli sesuai dengan kebutuhan.

2. Jangan Lupa Cek Kondisi Test Pack

Jangan lupa perhatikan tanggal kadaluarsa pada test pack. Jangan menggunakan test pack yang lama karena akurasinya tentu sudah menurun. Perhatikan juga kondisi alat saat membelinya.

Pilih test pack yang masih dalam kondisi baik yaitu wadah atau kotak masih dalam keadaan bagus dan tidak terbuka. Perhatikan juga kadaluarsa dari alat tes kehamilan ini. Jangan sampai Kamu membeli yang sudah kadaluarsa karena hasilnya tentu tidak akurat.  Sebaiknya, untuk membeli test pack di supermarket besar atau apotek yang terpercaya. 

3. Baca Panduan Cara Pemakaian

Sebelum menggunakan test pack, jangan lupa untuk membaca aturan pemakaiannya. Perhatikan, apakah Kamu harus menampung urine atau tidak.  Baca juga berapa lama Kamu harus mencelupkan test pack pada urine. Durasi waktu hasil tes akan muncul juga perlu Kamu perhatikan. 

4. Ketahui Kapan Waktu yang Tepat

Menentukan waktu pengecekan adalah salah satu cara menggunakan test pack yang tepat. Gunakan alat ini saat jadwal menstruasi Kamu telah satu hari.  Pagi adalah waktu yang paling ideal untuk mengecek kehamilan. 

Selain itu, Kamu bisa menggunakan alat tes kehamilan di hari pertama terlambat haid atau 2 minggu setelah berhubungan intim. Untuk mendapatkan hasil yang akurat, tunggu sampai Kamu terlambat haid selama 1–2 minggu. Jika hasil tes positif, diperkirakan kehamilan Kamu sudah mencapai usia 6–7 minggu pada waktu itu.

Hormon kehamilan akan lebih terlihat di urine pertama di pagi hari. Faktor ini bisa membuat hasil tes lebih akurat dibanding waktu-waktu lain. Setelah menggunakan test pack, lihat hasil yang muncul. Di sebagian test pack, hasil positif ditunjukkan dengan dua garis. Hasil negatif ditunjukkan dengan satu garis. 

Demikianlah pembahasan mengenai cara menggunakan test pack dengan benar, semoga artikel ini dapat membantu Ibu-Ibu untuk mengecek kehamilannya dan mendapatkan hasil yang akurat.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network