Cara Menggunakan Headset Bluetooth, Lengkap dengan Fungsi Tombol-tombolnya

"Mudah Bangett Kok...."

Edukasi | 03 September 2022, 05:00
Cara Menggunakan Headset Bluetooth, Lengkap dengan Fungsi Tombol-tombolnya

TamanPendidikan.com - Siapa sih yang tidak suka dengan musik? pasti mayoritas dari kalian sering atau bahkan setiap hari mendengarkan musik.

Mendengarkan musik bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya menggunakan headset. Dengan perkembangan teknologi yang makin canggih, kini hadir yang namanya headset bluetooth.

Headset bluetooth banyak dibeli orang karena kegunaannya yang simpel alias tidak ribet. Sebab, Anda hanya perlu menyambungkan koneksi bluetooth di HP atau laptop dengan headset bluetooth Anda.

Meskipun tidak memiliki kabel, kualitas suara yang dihasilkan headset bluetooth sama sekali tidak bisa diremehkan. Kualitasnya cukup bagus. Bahkan, sudah ada headset bluetooth yang mendukung surround sound atau suara 360.

Anda juga tidak bisa meragukan konektivitasnya, ada beberapa headset bluetooth yang tetap bisa digunakan meski dalam cuaca yang tidak bersahabat.

Karena beberapa jenis headset bluetooth didesain untuk mendengarkan musik di luar ruangan, headset Bluetooth juga dilengkapi dengan fitur water resistant.

Bahkan, ada beberapa perangkat yang didesain agar bisa digunakan sambil olahraga. Ya, kamu bisa jogging sambil mendengarkan musik dengan nyaman.

Headset Bluetooth yang beredar di tahun 2021 juga sudah banyak yang dibekali dengan kemampuan active noise cancelling (ANC). Fitur tersebut dapat memblokir suara dari luar sehingga membuat kamu seakan berada di ruang yang sunyi.

Artinya, kamu bisa lebih konsentrasi dalam mendengarkan musik. Namun, headset Bluetooth dengan kemampuan ANC dijual dengan harga yang masih relatif mahal.

Akan tetapi, mungkin ada orang yang belum tahu atau masih bingung bagaimana cara menggunakan headset bluetooth. Agar tidak gaptek, Anda sekarang sudah berada di artikel yang tepat.

Cara Menggunakan Headset Bluetooth

Ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan untuk menggunakan headset bluetooth yang Anda miliki, berikut penjelasannya:

1. Nyalakan Bluetooth di HP Anda

Langkah pertama adalah nyakalan bluetooth di HP dan headset Anda dengan cara tekan tombol power. Jika LED headset sudah berkedip, artinya sudah aktif. Perlu diketahui, di headset tipe ini terkadang harus ditekan agak lama, jadi tidak bisa hanya dengan satu klik.

2. Aktifkan Mode Pairing pada Headset

Atur headset ke dalam mode pairing dengan cara menekan tombol multifungsi beberapa detik, biasanya ada di tempat untuk menerima panggilan telepon.  Jika lampu LED headset warna merah dan biru berkedip, artinya mode pairing sudah aktif.

Namun, jika Anda baru membeli headset bluetooth dan baru menyakalan untuk pertama kalinya. Biasanya mode pairing sudah otomatis aktif.

3. Nyalakan Bluetooth HP Anda

Kemudian, nyalakan bluetooth di HP Anda dan tunggu scan hingga nama bluetooth headset Anda terdeteksi oleh handphone Anda.

Secara otomatis, HP akan melakukan scan perangkat Bluetooth di sekitarnya. Jika tidak menemukan headset yang kamu inginkan, kamu bisa mencoba mematikan headset tersebut, kemudian menyalakannya lagi. Bluetooth di HP juga bisa kamu perlakukan sama, yakni matikan dan hidupkan.

Pastikan jika Anda sudah menyalakan pengaturan Discovery Bluetooth. Jangan non aktifkan fitur tersebut, karena nanti kedua perangkat tidak bisa saling menemukan.

4. Sambungkan Bluetooth di Hp dengan Headset

Jika sudah muncul nama headset bluetooth Anda. Kini saatnya Anda menyambungkannya dan tunggu hingga ada keterangan tersambung.

Nah, apabila headset Bluetooth dengan handphone sudah pernah terhubung, koneksi berikutnya akan jauh lebih simpel. Cukup hidupkan headset dan Bluetooth di smartphone, maka kedua perangkat tersebut akan otomatis pairing.

5. Headset Bluetooth Siap Digunakan

Setelah koneksi antara bluetooth HP dan headset, Anda sudah bisa mulai mendengarkan musik atau menonton video dengan suara yang lebih nyaman. Selain itu, headset bluetooth bisa digunakan untuk memanggil atau menerima telepon.

Fungsi-Fungsi Tombol di Headset Bluetooth

Adapaun fungsi tombol-tombol pada headset bluetooth yang bisa Anda gunakan, berikut panduannya: 

• Menghidupkan: tekan dan tahan tombol multifungsi selama 2 detik
• Cek baterai: klik 2 kali tombol volume down
• Mematikan: tekan dan tahan tombol multifungsi selama 4 detik
• Pairing: tekan dan tahan tombol multifungsi selama 3 detik
• Menjawab telepon: klik tombol multifungsi 1 kali
• Menolak telepon: tekan dan tahan tombol multifungsi selama 2 detik
• Mengaktifkan effect 3D surrounding sound: klik tombol multifungsi dan volume down secara bersamaan.

Agar lebih jelas, Anda bisa membaca panduan penggunaan tombol-tombol di headset Anda melalui buku yang telah disediakan.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network