Jelaskan Pengertian Senam Irama, Berikut Jenis, Gerakan, Serta Manfaatnya

"Apa itu senam irama? Simak ulasannya berikut ini"

Senam irama adalah jenis senam yang memiliki bermacam-macam gerakan dan dilakukan seirama dengan musik yang mengiringinya.

Senam irama juga dapat diartikan satu di antara cabang olahraga senam artistik yang dibarengi dengan musik atau nyanyian sesuai irama yang mengikutinya.

Jadi, Senam irama merupakan salah satu jenis senam yang dilakukan dengan mengikuti irama musik, nyanyian, atau ketukan dengan mengutamakan keselarasan gerak. Senam irama dapat dilakukan dengan atau tanpa alat.

Untuk lebih mengerti, maka simak penjelasan tentang jenis, gerakan, serta manfaat dari senam irama. Bagaimana cara melakukannya dan apa manfaat yang kita dapat setelah melakukannya.

Jenis Senam Irama

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Senam irama adalah salah satu senam yang memerlukan sebuah alat bantu untuk melakukannya. Ada lima jenis alat yang digunakan untuk melakukan senam irama. Berikut ini adalah beberapa alat yang digunakan untuk melakukan senam irama, yaitu:

1. Senam irama dengan bola

Bola yang dipakai adalah berukuran sedang, tidak terlalu kecil atau terlalu besar. Gerakan memakai bola diantaranya adalah dengan melempar bola ke atas dan menangkapnya kembali, atau bisa dengan menggelindingkan bola ke arah pesenam.

2. Senam irama dengan pita

Pita yang dipakai berasal dari bahan yang halus seperti kain satin. Gerakan senam dengan tongkat pita ini seperti mengayun, berbelit-belit seperti ular, membentuk angka 8, spiral, serta berbagai macam lemparan.

3. Senam irama dengan alat simpai

Simpai ini boleh dibuat dari bambu, kayu ataupun plastik. Gerakan yang biasa dilakukan dengan simpai yaitu dengan bergerak sambil memegang simpai memakai satu atau dua tangan. Simpai kemudian bisa dilemparkan, digelindingkan, atau digerakkan sesuai teknik lainnya.

4. Senam irama dengan alat tali

Tali yang dipakai merupakan tali dengan bahan halus. Panjangnya bisa disesuaikan dengan tinggi badan pesenam. Tali yang digunakan dimainkan dengan cara apapun, asalkan dikuasai penuh oleh pesenam.

5. Senam irama dengan alat gada

Gada ini umumnya terbuat dari kayu ataupun plastik. Gerakan dengan alat gada pada jenis senam ini antara lain yaitu mengayun, melempar dan menangkap, memutar, memukul, dan gerakan lainnya.


Gerakan Senam Irama

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Senam adalah sebuah olahraga yang memiliki gerakan-gerakan yang khas dan berbeda-beda. Begitu juga dengan senam irama yang memiliki beberapa gerakan yang perlu kita ketahui. Berikut adalah beberapa jenis gerakan senam yang harus dikuasai saat melakukan senam irama, antara lain:

- Handstand.
- Headstand.
- Split.
- Kayang.
- Gerakan roll depan.
- Gerakan roll belakang.
- Salto depan.
- Salto belakang.
- Meroda.
- Sikap lilin.


Manfaat Senam Irama

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

1. Dapat membakar lemak berlebih.
2. Meningkatkan daya tahan jantung dan paru-paru.
3. Menurunkan berat badan.
4. Meningkatkan kelentukan, keseimbangan, koordinasi, kelincahan, daya tahan.
5. Tubuh menjadi bugar dan hati tenang.

Itulah ulasan mengenai senam irama. Kita telah mengetahui apa saja jenisnya, bagaimana gerakannya, serta manfaat setelah melakukannya. Semoga informasi ini membantu anda. 


Baca Berita yang lain di Google News



Our Network