Feature

Kisah Api Abadi di Pamekasan yang Tak Padam Sejak Abad ke 16, Kini jadi Tempat Wisata

Kisah Api Abadi di Pamekasan yang Tak Padam Sejak Abad ke 16, Kini jadi Tempat Wisata

Konon, kesaktian Raden Wiknu Kenongo yang menancapkan tongkatnya di tanah dan menimbulkan nyala api hingga sekarang.

TamanPendidikan.com - Indonesia dengan kekayaan alamnya yang indah menjadi salah satu magnet wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Banyak sekali spot wisata alam di Indonesia, seperti pantai, alam pegunungan, goa, danau, air terjun atau curug, dan tempat tempat alam lainnya.

Di wilayah Pamekasan, Madura ada juga api abadi atau api yang tak kunjung padam sejak abad ke 16. Api abadi tersebut kini menjadi salah satu destinasi wisata.

Seperti dalam postingan berita yang diiunggah oleh akun instagram @ zcreators.community mengutip dari Indozone.id. Wisata Api Abadi atau Api Tak Kunjung Padam terletak di Desa Larangan Tokol, Pamekasan, Madura.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/ChmC2iVAeGl/

Belum lama ini viral di media sosial karena memiliki keunikan yaitu api nya enggak akan padam meski terkena air. Api Abadi bakal mati kalau terkena air hujan, namun saat reda, perlahan api akan menyala kembali.

Sumber api ini berasal dari bawah permukaan tanah dan perut bumi, disebabkan oleh kandungan belerang yang ada di tanah. Menurut sejumlah sumber sejarah Api Abadi sudah ada sekitar abad ke- 16 atau 1683 M. Konon, kesaktian Raden Wiknu Kenongo yang menancapkan tongkatnya di tanah dan menimbulkan nyala api hingga sekarang.

Wisata Api Abadi ini buka setiap hari selama 24 jam dan tidak dikenakan biaya masuk alias gratis. Pengunjung hanya harus menyiapkan kocek Rp5 ribu untuk parkir motor dan Rp10 ribu untuk mobil.

Jangan takut kelaparan karena di sekitar area wisata banyak pedagang oleh-oleh dan camilan khas Pamekasan, Madura. Di tempat tersebut ada penjual nasi pecel, rawon, rujak, petis lorjuk, keripik tette dan masih banyak lainnya.TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/ChmC2iVAeGl/

Postingan berita tersebut hingga kini disukai 8 ribu lebih dan banyak ditanggapi beragam komentar dari warganet.

"Jangan sampe BUMN tau...ntr di gusur wilayah ny," ungkap akun @ heidwie.

"Peninggalan Uchiha," tulis akun @ adharisadlani.

"Kaum majusi tersenyum 😂," ucap akun @ adeharis.s.

"Jangan-jangan di bawah ada gunung aktif 😅," ujar akun @ adrltfwrwn.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/ChmC2iVAeGl/

"Ga ush beli gas 😂," ucap akun @ kang_bimo97.

"2020 udah pernah kesana.. kalo malem bagus.. api nya warna biru.. madura banyak tmpat wisata yg kurang di EXPOSE," ungkap akun @ __irawanadhy.




Scroll to Top