Jelaskan Pengertian Karya Ilmiah, Ketahui Struktur, Jenis, dan Manfaatnya

"Ingin bisa menulis karya ilmiah? Pahami penjelasan berikut ini"

Edukasi | 12 September 2022, 03:40
Jelaskan Pengertian Karya Ilmiah, Ketahui Struktur, Jenis, dan Manfaatnya

TamanPendidikan.com - Karya ilmiah merupakan suatu karya tulis yang dibuat untuk memecahkan suatu permasalahan dengan landasan teori, metode ilmiah, dan contoh metode penulisan karya ilmiah.

Karya ilmiah juga bisa diartikan sebagai hasil penelitian yang disajikan dalam bentuk tertulis dan disusun secara sistematis berdasarkan kaidah ilmiah yang berlaku.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), karya ilmiah adalah karya tulis yang dibuat dengan prinsip-prinsip ilmiah, berdasarkan data dan fakta (obervasi, eksperimen, dan kajian pustaka).

Brotowidjoyo berpendapat bahwa karya ilmiah ialah karangan ilmu pengetahuan yang menyajikan fakta dan ditulis menurut metodologi penulisan yang baik dan benar.

Kemudian, Sukohardjono menuturkan karya tulis ilmiah yaitu berbagai macam tulisan yang dilakukan oleh seseorang atau kelompok dengan menggunakan tata cara ilmiah. Dengan kata lain, karya tulis ilmiah adalah laporan tertulis hasil kegiatan ilmiah.

Untuk tahu lebih jauh tentang karya ilmiah, bagaimana struktur, apa jenisnya, dan apa manfaat menulis karya ilmiah. Maka, simaklah penjelasan berikut ini.


Struktur Karya Ilmiah

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Pendahuluan

Pada bagian pendahuluan ini berisi dasar-dasar yang melatar belakangi penelitian ilmiah dilakukan, masalah yang diangkat, dan mekanisme dari penyelesaian masalah tersebut.

Isi dan Pembahasan

Pada bagian isi dan pembahasan terdiri dari satu atau dua bab. Jumlah bab yang tergantung pada seberapa pelik pembahasan dari bahan penelitian itu sendiri.

Kesimpulan

Pada bagian dari kesimpulan merupakan hasil analisis penelitian dari bagian isi dan pembahasan. Kesimpulan yang disampaikan pada bagian ini berupa penjelasan singkat dan padat mengenai hasil analisis.

Jenis-jenis Karya Ilmiah

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Beberapa jenis dari karya ilmiah, sebagai berikut:

1. Skripsi

Skripsi adalah karya ilmiah yang dibuat untuk memenuhi syarat dalam mendapatkan gelar sarjana (S1). Mahasiswa harus memuat tulisan berisi pendapat penulis dengan mengacu atau berdasarkan teori yang telah diterbitkan sebelumnya.

2 Artikel

Artikel dapat diartikan sebagai karya tulis yang sengaja dirancang untuk dimuat dalam jurnal atau kumpulan artikel.

3. Makalah

Makalah adalah karya ilmiah yang menyajikan sebuah masalah yang penyelesaiannya mengandalkan berbagai macam data yang didapat di lapangan.

Manfaat Karya Ilmiah

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Beberapa manfaat dari karya ilmiah, sebagai berikut:

1. Memperluas cakrawala ilmu pengetahuan.
2. Bahan rujukan dari kepentingan dan kegiatan ilmiah.
3. Sarana edukasi dalam menyebarkan kebenaran dari ilmu tertentu.
4. Mendapat kepuasan intelektual untuk diri.
5. Melatih menggabungkan hasil bacaan dari berbagai sumber.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network