Feature

Mencicipi Nkhungu, Burger Ala Malawi yang Terbuat dari Nyamuk

Mencicipi Nkhungu, Burger Ala Malawi yang Terbuat dari Nyamuk

Ketika musim hujan tiba, maka di wilayah tersebut terdapat banyak nyamuk yang berterbangan dan menyerang warga.

TamanPendidikan.com - Hamburger atau burger adalah makanan yang terbuat dari sejenis roti yang berbentuk bundar yang diiris menjadi dua dan di tengahnya diisi dengan patty yang biasanya diambil dari daging kemudian sayur-sayuran berupa selada, tomat dan bawang bombay. Selanjutnya diberi saus tomat,mayones, sambal serta moster.

Makanan hamburger ini sangat populer sebagai makanan siap saji di Amerika Serikat. Namun berbeda dengan burger ala negara Malawi. Burger di Malawi ternyata bukan terbuat dari daging sebagaimana burger pada umumnya.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/CieOKAkjbBM/

Di Malawi burger terbuat dari dari nyamuk. Burger ini dikenal dengan sebutan Nkhungu, burger ala Malawi yang terbuat dari nyamuk.

Ketika musim hujan tiba, maka di wilayah tersebut terdapat banyak nyamuk yang berterbangan dan menyerang warga. Kawanan nyamuk itu begitu banyak dan mengganggu pemandangan warga ketika akan menyeberangi danau.

Dengan pemikiran yang inovatif, warga Malawi pun memanfaatkan nyamuk-nyamuk itu untuk dijadikan bahan pangan. Nyamuk-nyamuk yang sudah ditangkap, disulap menjadi patty burger. Warnanya hitam, terlihat sangat tidak menggugah selera namun justru memiliki kandungan protein tujuh kali lebih banyak dibandingkan beef burger pada umumnya.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/CieOKAkjbBM/

Seperti video yang diunggah oleh akun instagram @info_unik yang viral beberapa hari ini. Dalam video itu terlihat bagaimana cara memasak burger nyamuk khas Malawi. Burger yang berwarna hitam itu memang asli terbuat dari nyamuk yang ditangkap oleh warga sekitar.

Cara menangkap nyamuknya pun mudah, hanya bermodalkan panci dan wajan yang dibasahi kemudian diayunkan di udara. Nyamuk-nyamuk yang sudah ditangkap kemudian ditumbuk dan di bentuk lingkaran seperti patty burger yang kemudian dimasak di wajan yang sudah panas. Burger nyamuk atau yang disebut Nkhungu ini memiliki aroma yang kurang sedap, namun rasanya mirip seperti ikan.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/CieOKAkjbBM/

Video ini ternyata berhasil menarik perhatian warganet yang menyaksikannya. Tak heran banyak warganet yang berbondong-bondong untuk memberikan komentar dan tanggapan yang beraneka macam atas kejadian unik ini.

"Nyamuke ketar ketir," ujar akun @beccasiecasual1932.

"Bukan nyamuk yang makan kita, tapi kita makan nyamuk... Keren," balas akun @novii_kk.

"Rasa darah warga setempat,"
tulis akun @dedenarifperna.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/CieOKAkjbBM/

"Auto darah tinggi," timpal akun @ahmadzent.

"ni yg dinamakan, dibalik musibah ada hikmah," komentar akun @brantams.




Scroll to Top