Edukasi

Cara Menggunakan NFC di HP untuk Pembayaran dan Berbagi File, Sangat Mudah

Cara Menggunakan NFC di HP untuk Pembayaran dan Berbagi File, Sangat Mudah

Cara menggunakan NFC. Kuy disimak!

TamanPendidikan.com - Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, smartphone memberikan fitur Near Field Communication (NFC). Di sini, akan dibagikan cara menggunakan NFC untuk kamu yang ingin menggunakan fitur tersebut.

Namun, tidak semua HP memiliki fitur ini. Beberapa ponsel kelas menengah hingga flagship seperti Poco, Samsung, bahkan iPhone telah memiliki fitur ini. Sebelum melangkah lebih jauh, alangkah baiknya jika kamu tahu dulu apa itu NFC?

NFC merupakan bentuk komunikasi nirkabel jarak pendek yang banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan. Biasanya, NFC digunakan untuk mempermudah pembayaran dengan menggunakan dompet elektronik yang saat ini mulai banyak digunakan masyarakat.

Lebih lanjut, kegunaan fitur NFC dipaparkan secara rinci dalam buku berjudul ‘Tip dan Trik’ Merawat Ponsel Berbasis Android yang disusun oleh Wahana Komputer (2014: 29) yang memaparkan bahwa NFC dapat mempermudah pengguna ponsel untuk membeli barang, bahkan bisa untuk membayar taxi, kereta dan bus. NFC dikembangkan sebagai layanan micropayment yang serupa dengan mobile banking.

Cara Mengaktifkan NFC

Sebelum menggunakan NFC, kamu harus pastikan terlebih dahulu bahwa HP kamu telah dilengkapi dengan fitur NFC. Kemudian, untuk mengaktifkannya ikuti langkah-langkah yang ada di bawah ini.

1. Buka menu ‘Settings’ atau Pengaturan pada ponsel kamu.

2. Pilih opsi Selected Connect Devices.


TamanPendidikan.com

Sumber Dok Pribadi

3. Setelah itu, cari fitur NFC dan geser ke mode on agar kamu bisa menggunakan fitur tersebut.


TamanPendidikan.com

Sumber Dok. Pribadi

Selain itu, kamu juga bisa mengaktifkan NFC lewat cara lain seperti ini:
1. Swipe layar ke bawah.
2. Cari menu NFC.

TamanPendidikan.com

Sumber dok. Pribadi

3. Tap menu tersebut untuk mengaktifkan NFC.

Kini, kamu sudah bisa menggunakan NFC sesuai kebutuhan. Perlu diketahui, fitur ini bisa digunakan untuk berbagai kegiatan seperti menyambungkan smartphone ke perangkat lain. Di mana, menghubungkan dua perangkat secara dua arah untuk mengirim atau menerima informasi merupakan fungsi utama NFC. 

Aktivitas ini tidak memerlukan koneksi Wi-Fi ataupun LTE. Untuk menggunakannya kamu hanya perlu menempelkan dua smartphone yang sama-sama memiliki NFC. Lalu, kamu bisa mulai mentransfer atau menerima dokumen, kontak, gambar atau video, hingga membagikan aplikasi.

Tidak hanya itu, NFC juga bisa kamu gunakan untuk pembayaran cashless. Nah, untuk bisa melakukan pembayaran cashless menggunakan NFC, kamu hanya perlu menempelkan smartphone ke alat pembayaran khusus yang sudah disediakan di tempat perbelanjaan atau layanan jasa. 

Kemudian, NFC akan mentransmisikan data yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proses pembayaran. 

Demikianlah cara menggunakan NFC, semoga artikel ini bisa membantu kamu. Thanks!




Scroll to Top