Viral

Diam-diam Menghanyutkan, Anaconda Ini Membelit Kapibara Besar di Sungai

Diam-diam Menghanyutkan, Anaconda Ini Membelit Kapibara Besar di Sungai

Dalam video dijelaskan, Anaconda raksasa dengan panjang sekitar 6 meter itu memakan kapibara selama 1 jam

TamanPendidikan.com - Seekor anaconda terekam kamera tengah membelit kapibara besar di sebuah sungai yang jernih. Dalam video singkat unggahan @eucortojf terlihat anaconda dengan tenang mencengkeram tubuh kapibara dengan kuatnya. Bahkan terlihat kapibara itu sudah kehabisan tenaga karena tidak melakukan perlawanan sama sekali.

"Waktunya makan siang!- Fotografer Hudson Garcia, 42, melihat seekor anaconda hijau tengah 'makan siang' kapibara di dalam sungai dengan air jernih, di Bonito (MS), 279 km dari Campo Grande. Anaconda raksasa dengan panjang sekitar 6 meter itu memakan kapibara selama 1 jam.," tulis sang pengunggah video dalam keterangannya.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/CeCvWbXjiT_/

Bagi sebagian masyarakat Indonesia, kapibara merupakan hewan yang masih terdengar asing. Sebab, kapibara merupakan hewan asli daerah tropis dan lembab di Amerika Selatan.

Kapibara dapat ditemukan di daerah Timur Andes dari wilayah Kanal Panama sampai daerah utara Kolombia dan Venezuela, Uruguay, dan Provinsi Buenos Aires di Argentina. Sebagai hewan pengerat terbesar yang masih hidup hingga kini, kapibara terlihat seperti marmut raksasa, di mana kapibara jantan mempunyai berat 35 sampai 65 kg dan kapibara betina beratnya 36 sampai 66 kg.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/CeCvWbXjiT_/

Tubuh kapibara sangat besar tetapi pendek dan gemuk dengan panjang 105 sampai 135 cm dan tinggi 51 sampai 61 cm dari bahu. Seperti hewan pengerat lainnya kapibara mempunyai dua buah gigi seri yang terus tumbuh selama hidupnya dan mereka harus menggerogoti dan mengunyah untuk memakai giginya.

Warna bulunya bervariasi dari cokelat sampai merah dan campuran antara keduanya, kulitnya keras dan bulunya berminyak. Kapibara mempunyai telinga yang pendek, hidung yang kecil, dan bulu yang pendek di seluruh tubuhnya.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/CeCvWbXjiT_/

Kapibara merupakan hewan semi-akuatik, di mana hewan ini dapat hidup di berbagai macam habitat, dari hutan hujan dan dataran bersemak sampai daerah rawa, hutan mangrove dan padang rumput yang terbuka, tetapi kehidupan mereka hanya terbatas di daerah yang dekat dengan air. Oleh karenanya, tak aneh kalau anaconda dalam video berhasil membelit kapibara ini untuk dijadikan mangsa di suatu sungai.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/CeCvWbXjiT_/

Meskipun demikian, kapibara ini dikenal sebagai hewan yang sangat pendiam di daratan, tetapi sangat mahir berenang dan menyelam di dalam air. Hewan ini dapat diam di bawah permukaan air selama beberapa menit dan dapat tidur di dalam air jika terdesak.




Scroll to Top