Edukasi

Jelaskan Pengertian Kronologi, Kronik, dan Sinkronik, Berikut Perbedaan dan Contohnya

Jelaskan Pengertian Kronologi, Kronik, dan Sinkronik, Berikut Perbedaan dan Contohnya

Pengertian Kronologi, Kronik, dan Sinkronik

TamanPendidikan.com - Saat membahas tentang sejarah, pasti disebutkan kronologi, kronik, dan sinkronik. Sebenarnya, apa sih yang dimaksud dengan tiga hal tersebut?

Pengertian Sejarah

Secara etimologis, kata sejarah berasal dari bahasa arab syajaratun yang berarti pohon. Sejarah dalam bahasa Inggris disebut dengan history, yang berasal dari bahasa Yunani istoria yang berarti informasi atau pencarian.

Dalam semua peristiwa atau kejadian, manusia adalah pelaku dari semuanya.Peran manusia sangat menentukan dalam setiap pristiwa sehingga setiap kajian tentang peristiwa akan selalu melibatkan manusia di dalamnya.

Peristiwa ataupun kejadian dari masa yang lalu selalu berlangsung dalam batasan ruang yang menjadi tempat terjadinya peristiwa akan memberikan gambaran yang jelas kalau peristiwa itu memang ada dan nyata.

Adapun waktu akan menjadi batasan temporal dari setiap peristiwa yang telah terjadi atau perjalanan hidup manusia. Sejarah manusia tidak dapat terlepas dari waktu.
Pengertian Kronologi

Secara etimologis kronologi berasal dari bahasa Yunani, yaitu chronoss yang artinya waktu dan logos yang artinya ilmu. Jadi, kronologi adalah ilmu tentang waktu yang membantu untuk menyususn peristiwa atau kejadian-kejadian sejarah sesuai urutan waktu terjadinya.

Cara berpikir kronologis dapat memprmudah kita dalam melakukan rekonstruksi terhadap semua peristiwa masa lalu dengan tepat.

Pengertian Sinkronik

Kata sinkronik berasal dari bahasa Yunani, yaitu syn yang berarti dengan dan chronoss yang berarti waktu. Kajian sejarah secara sinkronik artinya mempelajari peristiwa sejarah dengan segala aspeknya pada masa atau waktu tertentu dengan lebih mendalam.

Adapaun ciri-ciri sinkronik sebagai berikut:

a. Mengkaji peristiwa sejarah yang terjadi pada masa lampau
b. Menitikberatkan kajian peristiwa pada pola – pola, gejala, dan karakter
c. Bersifat horizontal
d. Tidak ada konsep perbandingan
e. Cakupan kajian lebih sempit
f. Kajiannya sangat sistematis
g. Sifat kajian lebih serius dan mendalam.

Contoh Sinkronik yaitu Suasana di Jakarta saat Pembacaan Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945. Pembacaan Proklamasi Kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus 1945 terjadi di Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56.

Pembacaan proklamasi dihadiri sekitar 500 orang dari berbagai kalangan dengan membawa apapun yang bisa digunakan sebagai senjata. Peserta yang hadir mengantisipasi serangan yang bisa terjadi. Kendati Jepang sudah kalah dari Sekutu, Bala Tentara Dai Nippon Jepang masih berada di Jakarta.

Suasana di Jakarta masih kondusif. Proklamasi pun semula akan dibacakan di Lapangan Ikada (kini bagian dari kawasan Monumen Nasional/Monas). Namun, pembacaan bersejarah tersebut dipindahkan ke kediaman Soekarno karena dikhawatirkan terjadi pertumpahan darah.

Akibatnya, sekitar 100 anggota Barisan Pelopor berjalan dari Lapangan Ikada ke kediaman Soekarno dan terlambat melihat pembacaan proklamasi. Mereka menuntut pembacaan ulang proklamasi, tetapi ditolak dan diberikan amanat singkat oleh Mohammad Hatta.

Pengertian Kronik

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kronik diartikan sebagai catatan peristiwa yang diurutkan sesuai waktu kejadiannya.  Kronik adalah catatan kejadian-kejadian secara singkat dari waktu ke waktu secara berurutan.

Artinya kumpulan kejadian di masa lalu dikumpulkan atau dikelompokkan dalam urutan waktu yang sama. Anggara Lutfian Putra dalam ‘Kronik Kolonialisme di Nusantara sebagai Inspirasi Penciptaan Karya Seni Lukis (2016)’, mengatakan bahwa kronik merupakan kumpulan arsip dari kategorisasi tertentu yang dikumpulkan sesuai masa atau urutan waktunya.

Contoh kronik adalah catatan perjalanan Fa Hien ke Tarumanegara dan kisah perjalanan I-tsing dari Cina ke India melalui Sriwijaya.

Perbedaan Antara Kronologi, Kronik, dan Sinkronik

Kronoligi, kronik dan, sinkronik memilik persamaan yaitu waktu. Namun, tiga hal tersebut juga mempunyai beberapa perbedaan. Berikut uraiannya:

Kronologi
1. Kronologi adalah urutan dari waktu ke peristiwa.
2. Kronologi berfokus pada urutan waktu sebuah peristiwa.

Kronik
1. Kronik adalah catatan peristiwa sesuai urutan waktunya.
2. Kronik berfokus pada catatan peristiwa yang dikelompokkan sesuai waktunya.

Sinkronik
1. Sinkronik adalah peristiwa yang terjadi di masa tertentu.
2. Sinkronik berfokus pada kajian peristiwa hanya di masa atau waktu tertentu saja.




Scroll to Top