Edukasi

Cara Menggunakan Sunscreen yang Benar, Kulit Aman dari Sinar Ultraviolet

Cara Menggunakan Sunscreen yang Benar, Kulit Aman dari Sinar Ultraviolet

Cegah dan lindungi kulit anda terbakar dari sinar Ultraviolet

TamanPendidikan.com - Sunscreen adalah produk yang bertujuan untuk melindungi kulit dari bahaya yang disebabkan paparan sinar matahari dengan formula yang membantu melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB.

Sunscreen merupakan zat untuk melindungi kulit terhadap paparan sinar matahari, terutama sinar ultraviolet.

Sunscreen pada dasarnya memiliki fungsi untuk melindungi kulit kamu dari sengatan dan radiasi dari sinar UVB dan UVA.

Sunscreen sering digunakan untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Biasanya bagian kulit yang diolesi oleh sunscreen adalah wajah, leher dan tangan.

Memakai sunscreen adalah cara yang paling mudah dalam menjaga penampilan dan kesehatan kulit untuk semua umur.

Salah satu manfaat menggunakan sunscreen secara teratur akan membantu kamu dalam mencegah kanker kulit, penuaan dini, dan kulit terbakar karena sinar matahari.

Fungsi Sunscreen

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

1. Mengurangi Kemungkinan Kulit Terbakar

Kulit yang sering terbakar sinar matahari karena paparan yang berlebihan dapat membuat rentan terhadap penyakit kulit. Penggunaan sunscreen pada kulit dapat menanggulangi dalam meminimalkan risiko tersebut.

2. Kulit Lebih awet muda

Sinar UV berbahaya yang menyebabkan kanker juga menurunkan elastisitas kulit, merusak lapisan atas kulit, dan menyebabkan penumpukan pigmen. Seiring berjalannya waktu, kulit Anda akan menjadi keriput, kendur, dan timbul bintik-bintik coklat akibat penuaan. Menggunakan sunscreen secara rutin dapat menunda terjadinya penuaan pada kulit.

3. Melindungi Kulit dari Sinar UV

Beberapa efek dari sinar UV adalah membuat kulit menjadi kasar, kering, bahkan beberapa kondisi kulit lainnya yang lebih parah. Karena efek yang berbahaya tersebut, sangat penting bagi pria dan wanita untuk selalu memberikan perlindungan UVA dan UVB pada kulit mereka.

Cara Menggunakan Sunscreen dengan Benar

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

1. Kocok Botol Sunscreen sebelum Digunakan 

Kocok botol Sunscreen sebelum digunakan agar bahan aktif pada sunscreen bisa tersebar secara merata di dalam wadahnya.

2. Oleskan Sunscreen

Agar bisa melindungi secara maksimal, oles sunscreen dengan banyak dan tebal pada kulit anda. Jumlah yang direkomendasikan untuk orang dewasa adalah sekitar 1 ons atau 35 milimeter atau sama dengan segenggam orang dewasa atau sekitar 2 sendok makan.

3. Pakai Sunscreen Merata di Semua Kulit yang Terpapar Sinar Matahari

Bagian yang paling sering orang lupakan merupakan telinga, leher, bagian belakang lutut dan kaki. Oleskan pada bagian tersebut karena mereka juga terkena paparan sinar matahari.

4. Gunakan Sunscreen setelah Skincare pada Wajah 

Gunakan sunscreen meski kamu telah menggunakan moisturizer. Beri waktu sampai moisturizer kamu diserap kulit sebelum menggunakan sunscreen. Selain moisturizer, skincare lain seperti serum juga digunakan sebelum memakai sunscreen.

5. Biarkan Sunscreen Meresap sebelum Terkena Paparan Sinar Matahari 

Sunscreen harus dipakai 30 menit sebelum keluar terpapar sinar matahari. Pasalnya, sunscreen membutuhkan waktu untuk diresap oleh kulit agar bisa memberikan perlindungan yang optimal.




Scroll to Top