Edukasi

Jelaskan Pengertian Neraka Berikut Ciri-cirinya, Serta Tingkatannya

Jelaskan Pengertian Neraka Berikut Ciri-cirinya, Serta Tingkatannya

Apa itu neraka? Berikut ini penjelasannya

TamanPendidikan.com - Menurut bahasa, neraka diambil dari kata "naar" dalam bahasa arab yang berarti api yang menyala. Sedangkan menurut istilah dapat diartikan bahwa neraka merupakan tempat pembalasan di akhirat bagi makhluk allah SWT yang melanggar perintah dan larangan-Nya semasa di dunia.

Neraka merupakan suatu tempat siksaan di alam akhirat bagi siapa saja yang berdosa dan bermaksiat kepada Allah dan Rasul-Nya.

Neraka ialah tempat balasan bagi orang-orang yang melakukan kesalahan-kesalahan selama di dunia yang merupakan kehidupan sementara.

Mereka yang akan masuk neraka adalah orang kafir dan orang muslim yang melakukan dosa tapi tidak bertaubat.

Agar lebih mengerti penjelasan tentang neraka, dan apa saja tingkatan dari neraka. Maka, simaklah ulasan singkat berikut ini

Ciri-ciri Neraka

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Berikut ini adalah beberapa ciri dari neraka, antara lain:

1. Sangat panas yang teramat panas.
2. Bahan bakar neraka adalah manusia dan batu.
3. Pakaian di neraka terbuat dari api.
4. Makanannya adalah buah zakum, nanah, dan tumbuhan berduri.
5. Minumannya adalah air panas yang mendidih.
7. Memiliki pintu yang berjumlah 7.
8. Dijaga oleh malaikat malaikat.

Tingkatan Neraka

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Berikut ini adalah beberapa tingkatan dari neraka, antara lain:

1. Hawiyah

Neraka Hawiyah adalah tingkatan terbawah neraka. Siksaan di neraka Hawiyah adalah siksaan yang paling berat daripada tingkatan di atasnya. Neraka ini berisikan orang-orang munafik.

2. Jahim

Neraka Jahim adalah neraka yang ada setingkat di atas neraka Hawiyah. Mereka yang menempat tingkatan ini adalah orang-orang yang menyekutukan Allah dan berbuat kemusyrikan.

3. Saqar

Neraka Saqar adalah neraka yang dihuni oleh orang-orang yang menyembah berhala.

4. Ladha

Neraka Ladha adalah neraka yang ditempati oleh para Iblis. Jadi, orang-orang yang mengikutinya juga akan ikut menempati tingkatan neraka Ladha.

5. Huthamah

Neraka Huthamah adalah neraka yang akan ditempati oleh orang-orang Yahudi.

6. Neraka Sa'ir

Neraka Sa'ir adalah neraka yang akan ditempati oleh orang-orang Nasrani. Tidak orang Nasrani saja, orang-orang yang dholim juga akan masuk ke dalam neraka ini, termasuk orang yang mau menggunakan harta anak yatim untuk kepentingannya sendiri.

7. Neraka Jahannam

Neraka Jahannam adalah neraka yang paling ringan sendiri siksaannya. Neraka ini yang akan ditempati umat Nabi Muhammad yang melakukan kesalahan-kesalahan.

Penghuni neraka Jahannam adalah orang Islam yang telah berbuat dosa besar namun tidak atau tidak sempat untuk bertaubat.




Scroll to Top