Edukasi

Cara Menggunakan Vlookup Lengkap dengan Contohnya, Ketahui Teknik Dasar ini

Cara Menggunakan Vlookup Lengkap dengan Contohnya, Ketahui Teknik Dasar ini

Rumus vlookup exel

TamanPendidikan.com - Cara menggunakan vlookup wajib diketahui bagi kamu yang pekerjaannya berhubungan dengan Microsoft Exel.

Menguasai rumus-rumus Exel menjadi sangat penting dikuasai, di mana salah satunya adalah cara menggunakan vlookup. Rumus excel VLOOKUP merupakan rumus excel yang berfungsi untuk mengambil suatu nilai dari tabel lain berdasarakan kata kunci tertentu.

Tapi jangan khawatir, bagi kamu yang masih bingung bagaimana cara menggunakan vlookup, di sini mimin bagikan tutorialnya yang dijamin ampuh.

Fungsi Rumus Vlookup

Melansir dari Kelas Exel, Fungsi atau Rumus Excel VLOOKUP adalah salah satu fungsi ms. Excel yang digunakan untuk mencari data pada kolom pertama sebuah tabel data, kemudian mengambil nilai dari sel mana pun di baris yang sama pada tabel data tersebut.

Dengan rumus Vlookup pada Microsoft Excel ini kita dapat mengisi data pada sebuah tabel berdasarkan data pada tabel referensi lain dengan menggunakan sebuah nilai kunci yang spesifik.

Salah satu contoh penggunaan fungsi Vlookup adalah untuk Konversi Rentang Nilai Angka ke Huruf Pada Excel.

Vlookup excel memiliki empat fungsi, antara lain:

• NilaiYangDiCari : Merupakan nilai yang akan kita cari pada kolom pertama sebuah tabel atau kolom paling kanan dari TabelReferensi. Argument ini dapat berupa angka, teks, tanggal maupun nilai tertentu baik ditulis langsung maupun sebuah referensi sel. Bisa juga berupa nilai yang dihasilkan oleh rumus excel lainnya.

• TabelReferensi : Sebuah tabel referensi data yang terdiri dari 2 kolom atau lebih, dimana NilaiYangDicari berada pada kolom pertama tabel data ini.

• NomorKolom : Merupakan Nomor kolom dari argumen TabelReferensi yang mengandung nilai data dan akan kita ambil nilai yang sebaris dengan posisi NilaiYangDicari pada kolom pertama.

• RangeLookup : Diisi dengan nilai Boolean TRUE atau FALSE. Nilai logika True/false ini menujukkan tipe pencarian. Nilai logika pada rumus Vlookup digunakan sebagai acuan untuk menetapkan apakah kita ingin VLOOKUP menemukan hasil yang sama persis atau cukup menemukan nilai mendekati.

Cara Menggunakan Rumus Vlookup

Setelah kalian mengetahui pengertian dan fungsi dari rumus exel vlookup, kini kita bahas cara menggunakannya (dasar). Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Ketikkan kata =VLOOKUP( pada kolom gaji.

TamanPendidikan.com

Dari YouTube Pusat Cara Cara

2. Klik kolom golongan karyawan yang hendak diisi gajinya dan tambahkan tanda;. Untuk kolom C4, tampak rumus VLOOKUP akan menjadi =VLOOKUP(C4;

TamanPendidikan.com

Dari YouTube Pusat Cara Cara

3. Blok data yang ada pada tabel C.

4. Sisipkan tanda $ pada angka dan nomor kolom agar bisa di-drag ke bawah, dan beri tanda ;. Rumus akan terlihat menjadi =VLOOKUP(I4;$A$4:$C$6;.

TamanPendidikan.com

Dari YouTube Pusat Cara Cara

5. Tambahkan angka 4 dan juga ; pada rumus, dan akan menjadi =VLOOKUP(I4;$A$4:$C$6;2. Hal ini karena yang akan dicari adalah gaji, dan gaji ada di kolom ke 2 pada tabel C.

6. Tambahkan False, dan tutup rumus dengan tanda ) lalu tekan enter. Tampilan akhir rumus menjadi =VLOOKUP(I4;$A$4:$C$6;2;False).

TamanPendidikan.com

Dari YouTube Pusat Cara Cara

Dengan menggunakan rumus ini, kamu bisa langsung mendrags ke bagian bawah untuk mencari gaji karyawan lainnya.




Scroll to Top