Edukasi

Jelaskan Pengertian Akuntansi, Berikut Tujuan, Jenis, Serta Prosesnya

Jelaskan Pengertian Akuntansi, Berikut Tujuan, Jenis, Serta Prosesnya

Apa itu akuntansi? Simak penjelasannya berikut ini

TamanPendidikan.com - Akuntansi merupakan sebuah proses pekerjaan yang tidak sederhana. Ilmu ini memiliki cukup banyak kegunaan, terutama yang berkaitan dengan kegiatan bisnis.

Akuntansi ialah suatu proses yang diawali dengan mencatat, mengelompokkan, mengolah, menyajikan data, serta mencatat transaksi yang berhubungan dengan keuangan.

Sunyanto mengatakan akuntansi yaitu suatu tahapan proses pengumpulan, pengidentifikasian, mencatat, penggolongan, peringkasan serta penyajian atau laporan dari banyaknya transaksi keuangan serta penafsiran hasilnya guna pengambilan keputusan.

Kemudian, Soemarsono berpendapat bahwa akuntansi adalah suatu proses mengidentifikasikan, mengukur dan juga melaporkan informasi ekonomi untuk memungkinkan adanya penilaian serta keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut.

Winarno memaparkan akuntansi merupakan sebuah proses pencatatan transaksi keuangan dan mengolah data transaksi dan menyajikan sebuah informasi terhadap pihak-pihak yang berhak dan berkepentingan.

Berikutnya, Suparwoto menjabarkan akuntansi sebagai sebuah teknik untuk mengukur serta mengelola transaksi keuangan dan memberikan hasil pengelolaan dalam bentuk informasi kepada pihak-pihak internal maupun eksternal perusahaan. Pihak eksternal maksudnya adalah terdiri dari investor, kreditur pemerintah, serikat buruh dan lain-lain.

Lalu, Munawir akuntansi adalah sebuah seni daripada pencatatan, penggolongan dan peringkasan terhadap sebuah peristiwa yang setidak-tidaknya sebagian sifatnya keuangan dengan cara yang secepat-cepatnya dan petunjuk atau dinyatakan dengan uang, dan juga penafsiran yang timbul dari padanya.

Agar lebih paham mengenai apa itu akuntansi dan apa saja jenis dari akuntansi. Simaklah penjelasan singkat berikut ini.

Tujuan akuntansi

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Berikut ini adalah beberapa tujuan dari akuntansi, antara lain:

1. Memberikan informasi mengenai perubahan pada berbagai sumber ekonomi perusahaan.
2. Memberikan informasi keuangan, seperti aktiva maupun pasiva perusahaan.
3. Memaparkan sebuah informasi perihal perubahan pada berbagai sumber ekonomi perusahaan, aset, hutang, serta modal.
4. Menjelaskan informasi keuangan perusahaan.
5. Memberikan beberapa informasi lainnya terkait laporan keuangan.

Jenis-Jenis Akuntansi

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Berikut ini adalah beberapa jenis dari akuntansi, antara lain:

1. Akuntansi Pemerintahan

Akuntansi pemerintahan merupakan bidang yang mana kegiatannya memiliki hubungan dengan masalah pemeriksaan keuangan negara.

2. Akuntansi Manajemen

Akuntansi manajemen merupakan sebagai suatu bidang dalam akuntansi yang di dalamnya berisi kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan pengumpulan dan pengolahan data historis dan data taksiran.

3. Akuntansi Perpajakan

Akuntansi perpajakan adalah akuntansi yang berhubungan dengan penentuan objek pajak yang menjadi tanggungan perusahaan serta perhitungannya.

4. Akuntansi Keuangan

Sasaran dari akuntansi keuangan adalah transaksi keuangan yang dilakukan oleh suatu perusahaan dan sudah terjadi yang menyangkut perubahan aktiva, kewajiban, dan ekuitas perusahaan.

5. Akuntansi Biaya

Sasaran dari akuntansi biaya adalah transaksi keuangan yang berhubungan dengan biaya, terutama biaya-biaya yang berhubungan dengan pengolahan bahan baku menjadi produk yang sudah jadi.

6. Akuntansi Pemeriksaan

Akuntansi Pemeriksaan merupakan suatu bidang akuntansi yang kegiatannya dapat berupa pemeriksaan terhadap catatan hasil kegiatan laporan keuangan.

Proses Akuntansi

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

1. Mencatat

Proses mencatat biasa disebut pembukuan akuntansi sederhana yaitu mengenali transaksi dan memasukkannya ke dalam catatan.

Proses ini dilakukan untuk kepentingan pencatatan yang rinci dan menjadi laporan untuk menyajikan data sebagai laporan akhir keuangan.

2. Meringkas

Proses meringkas merupakan sebuah proses dalam menggunakan data mentah lalu membaginya menjadi beberapa kategori dan menerjemahkannya.

3. Melaporkan

Pada proses melaporkan, pemilik perusahaan akan menerima suatu laporan keuangan dari perusahaan yang biasanya akan dikirimkan setiap sebulan sekali.

4. Menganalisa

Pada proses menganalisa, akuntansi akan memperkenalkan konsep perbandingan. Dimana anda bisa membandingkan penjualan, laba rugi, ekuitas, dan lainnya untuk menentukan serta menganalisa kerja dan mengambil keputusan.




Scroll to Top