Jelaskan Pengertian Seni Musik, Berikut Unsur, Fungsi, Jenis, Serta Genrenya

"Pahami fungsi hingga jenis-jenis seni musik berikut ini"

Edukasi | 26 September 2022, 02:35
Jelaskan Pengertian Seni Musik, Berikut Unsur, Fungsi, Jenis, Serta Genrenya

TamanPendidikan.com - Secara umum dapat diartikan bahwa seni musik merupakan suatu cabang seni yang menggunakan media suara atau bunyi untuk menyajikan karya yang dihasilkan oleh penciptanya.

Jamalus memaparkan bahwa seni musik ialah hasil karya seni berupa bunyi yang dituangkan dalam bentuk lagu atau komposisi sebagai ungkapan perasaan dan pikiran penciptanya melalui unsur-unsur pokok musik yaitu melodi, irama, harmoni, dan bentuk atau struktur lagu serta ekspresi sebagai sumber kesatuan.

Selanjutnya, Sylado menuturkan bahwa seni musik yaitu bentuk perwujudan yang hidup dari sebuah kumpulan ilusi dan lantunan suara penciptanya menggunakan alunan musik dengan nada yang berjiwa dan bisa menggerakan isi hati para pendengarnya.

Lalu, Sunarto menjabarkan bahwa seni musik merupakan sebuah penghayatan isi hati manusia yang diungkapkan dalam bentuk bunyi yang teratur dengan ritme atau melodi serta memiliki unsur atau keselarasan yang indah.

Kemudian, Pono Bonoe berpendapat bahwa seni musik adalah cabang seni yang menjelaskan tentang berbagai macam suara dalam pola yang dapat dipahami oleh manusia.

Sedangkan, menurut Aristoteles seni musik adalah suatu karya musik dengan kemampuan dan tenaga pengembangan yang berasal dari sebuah rasa melalui deretan nada atau melodi yang memiliki warna dari penciptanya.

Sehingga dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa seni musik adalah cabang seni yang memanfaatkan media bunyi-bunyian yang disusun dengan indah, yang diciptakan dengan tujuan menggerakkan isi hati para pendengarnya.

Agar lebih paham tentang sejarah, jenis, genre, unsur, serta fungsi dari seni musik. Maka, simaklah penjelasan singkat berikut ini.

Unsur Seni Musik

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Berikut ini adalah beberapa unsur dari seni musik, yaitu:

1. Irama
Irama adalah komponen musik yang kemudian akan membuat gerak, atau bahkan hanya mengetuk kaki, saat seseorang sedang mendengarkan lagu.

2. Birama
Birama adalah salah satu unsur seni musik berupa ketukan atau ayunan secara berulang-ulang yang datang secara teratur dan dalam waktu yang sama.

3. Melodi
Melodi adalah susunan alunan nada-nada yang diatur tinggi rendah, pola, dan harga nadanya sehingga menjadi kalimat lagu dan menjadi sebuah karakter tersendiri dalam suatu musik.

4. Tempo
Tempo adalah hal yang berhubungan dengan cepat lambatnya gerak musik atau dapat dikatakan ukuran kecepatan birama lagu.

5. Harmoni
Harmoni adalah sebuah kejadian dua atau lebih nada dengan tinggi berbeda yang dibunyikan bersamaan.

6. Dinamika
Dinamik adalah hal yang berhubungan dengan keras lembutnya lagu dan perubahannya.

7. Tangga Nada
Tangga nada adalah susunan yang berjenjang dan berasal dari nada-nada pokok dari sebuah sistem nada.

Fungsi Seni musik

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Berikut ini adalah beberapa fungsi dari seni musik, yaitu:

1. Hiburan
Maksudnya adalah musik berfungsi sebagai hiburan dengan tujuan menciptakan kebahagiaan untuk  orang yang mendengarkannya.

2. Ekspresi Diri
Makasudnya adalah musik bisa menjadi media yang tepat untuk para seniman sebagai sarana mengungkapkan perasaan atau ide-ide dalam sebuah nada-nada yang indah.

3. Upacara
Maksudnya adalah musik dapat digunakan sebagai sarana dalam kegiatan upacara-upacara baik yang sifatnya kebudayaan, keagamaan, ritual, atau upacara resmi atau formal.

4. Media Komersial
Maksudnya adalah musik dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah. Baik melalui penjualan rekaman musiknya atau dari sebuah pertunjukan musiknya di konser musik.

5. Pengiring Tarian
Maksudnya adalah musik memiliki dapat berperan penting dalam sebuah pertunjukan tari, musik akan membuat suasana pertunujkan semakin hidup.

Jenis Seni Musik

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Berikut ini adalah beberapa jenis dari seni musik, yaitu:

1. Musik Tradisional
Musik tradisional adalah jenis musik yang lahir dan berkembang dari kebudayaan suatu daerah, kemudian diwariskan secara turun temurun.

2. Musik Modern
Musik modern adalah jenis musik yang menggunakan satu atau beberapa alat musik sebagai pengiringnya.  Musik modern menggunakan banyak teknologi canggih dan budaya baru untuk membuat instrumentalnya.

3. Musik Kontemporer
Musik kontemporer adalah jenis musik yang biasanya dimainkan tanpa menggunakan alat musik asli, tetapi alunan musik yang dihasilkan tidak kalah bagusnya dengan alat musik aslinya.

Genre Seni Musik

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Berikut ini adalah beberapa genre dari seni musik, yaitu:

1. Pop
Musik pop adalah musik yang memiliki orientasi komersial. Musik pop adalah genre musik yang populer dan banyak memiliki pendengar atau penikmat.

2. Dangdut 
Dangdut adalah musik asli Indonesia yang dengan perpaduan musik khas India dan melayu. Musik dangdut hingga saat ini semakin berkembang bahkan hingga mendunia.

3. Rock
Rock adalah perpaduan antara musik jazz, blues, country, dan ryth yang biasanya dimainka menggunakan alat musik seperti bass, drum, dan gitar.

4. Jazz
Jazz adalah musik yang didominasi dengan piano, biola, gitar bass, terompet, dan memiliki lirik lagu yang dalam.

5. Blues
Blues adalah musik yang diciptakan berdasarkan perasaan frustasi dari penciptanya. Musik blues banyak dijadikan sebagai musik spiritual.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network