Jelaskan Pengertian Kebutuhan, Jenis, Alat Pemuas, Contoh, dan Faktor yang Mempengaruhi

"Pahami ulasan tentang kebutuhan berikut ini"

Edukasi | 28 September 2022, 04:30
Jelaskan Pengertian Kebutuhan, Jenis, Alat Pemuas, Contoh, dan Faktor yang Mempengaruhi

TamanPendidikan.com - Kebutuhan merupakan segala sesuatu yang dibutuhkan manusia untuk mempertahankan kelangsungan hidup dan mencapai kesejahteraan dalam hidupnya.

Pengertian kebutuhan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah yang dibutuhkan atau yang diperlukan.

Kebutuhan adalah hal penting dalam kelangsungan hidup manusia. Kebutuhan dipenuhi untuk tercapainya kepuasan lahir maupun batin dari manusia.

Setiap individu memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Banyak hal yang mempengaruhi perbedaan tersebut.

Beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat kebutuhan masing-masing individu antara lain penghasilan, pendidikan serta tingkat kepuasan dari individu itu sendiri.

Agar lebih jelas, simaklah ulasan singkat berikut ini tentang kebutuhan, jenis, alat pemuas, contoh serta fakto-faktor yang mempengaruhi kebutuhan.

Jenis-jenis Kebutuhan

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Menurut intensitasnya, kebutuhan dibagi menjadi tiga. Simak ulasannya berikut ini:

1. Kebutuhan Primer

Kebutuhan primer adalah kebutuhan pokok yang wajib dipenuhi oleh manusia. Kebutuhan tersebut meliputi sandang (pakaian), pangan (makanan), dan papan (tempat tinggal).

2. Kebutuhan Sekunder

Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan yang berhubungan dengan usaha menambah kebahagiaan manusia. Kebutuhan ini bisa terpenuhi setelah kebutuhan premier cukup. Contoh kebutuhan sekunder antara lain televisi, kulkas, dan ponsel. 

3. Kebutuhan Tersier

Kebutuhan tersier adalah kebutuhan yang dipenuhi setelah kebutuhan primer dan kebutuhan sekunder terpenuhi. Kebutuhan tersier biasanya kebutuhan akan barang-barang mewah. Contoh kebutuhan tersier adalah mobil mewah, rumah mewah, dan sepeda motor mewah.

Alat Pemuas Kebutuhan

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Ada dua macam alat pemuas kebutuhan, simak penjelasannya berikut ini:

1. Barang

Barang adalah segala sesuatu yang berwujud atau tampak nyata. Maka dari itu, barang adalah benda yang berwujud dan digunakan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan.

Ciri-ciri barang:

a. Berwujud.
b. Memiliki nilai dan manfaat yang dapat dirasakan.
c. Jika dipakai, maka nilai serta wujudnya semakin berkurang dan habis.

2. Jasa

Jasa tidak berbentuk fisik, jasa adalah kegiatan yang memberikan sesuatu yang diperlukan orang lain, biasanya jasa ini berhubungan dengan keahlian seseorang.

Ciri-Ciri Jasa :

a. Tidak berwujud.
b. Hanya dapat dirasakan.
c. Tidak akan habis.

Faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Berikut ini adalah beberapa faktor yang mempengaruhi kebututhan, antara lain:

1. Jenis Kelamin

Kebutuhan antara wanita dan pria sanga lah berbeda. Biasanya wanita lebih banyak kebutuhannya dibanding pria. Contoh kecil, wanita membutuhkan perlengkapan untuk merias diri, seperti make up, tas, gaun, perhiasan, dan lainnya.


2. Pendidikan

Kebutuhan di setiap jenjang pendidikan akan berbeda-beda. Bisa kita lihat, kebutuhan anak PAUD tentunya berbeda dengan kebutuhan anak SD, anak SD memiliki kebutuhan yang berbeda juga dengan mahasiswa, begitu juga dengan mahasiswa.

3. Penghasilan

Faktor besar kecilnya penghasilan yang dimiliki oleh seseorang, akan sangat berpengaruh terhadap kebutuhan mereka.

Orang dengan penghasilan pas-pasan, tentu akan lebih fokus untuk memenuhi kebutuhan pokoknya saja. Namun, bagi orang yang memiliki penghasilan lebih, maka tingkat kebutuhannya akan lebih besar, mereka lebih leluasa untuk memenuhi kebutuhannya yang selain kebutuhan primer.

4. Profesi

Setiap profesi tentu memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Misalnya, seorang dokter membutuhkan alat bantu stetoskop sebagai pendukung pekerjaannya.

Sedangkan, seorang tukang kayu memiliki kebutuhan yang berbeda dengan dokter, tukang kayu lebih membutuhkan palu, pasah, dan gergaji.

5. Tingkat Kepuasan

Setiap manusia memiliki tingkat kepuasan yang berbeda. Tingkat kepuasan inilah yang memengaruhi kebutuhan hidup yang dimiliki.

Seseorang yang tidak mudah puas dengan apa yang sudah dimiliki, pasti tingkat kebutuhannya lebih besar dibandingkan dengan orang yang mudah puas dengan apa yang telah dimiliki orang tersebut.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network