Viral

Video Musa Ingens, Pohon Pisang Terbesar Di Dunia yang Tumbuh di Tanah Papua

Video Musa Ingens, Pohon Pisang Terbesar Di Dunia yang Tumbuh di Tanah Papua

Pohon pisang terbesar di dunia ada di Indonesia, tepatnya di Pegunungan Afak, Papua Barat

TamanPendidikan.com - Tak banyak yang tahu jika pohon pisang terbesar di dunia ada di Indonesia, tepatnya di Pegunungan Afak, Papua Barat. Berbeda dari pohon pisang pada umumnya, pohon pisang di Papua Barat ini bisa tumbuh mencapai tinggi 25 hingga 30 meter.

Pohon pisang tersebut memiliki nama ilmiah Musa ingens atau Musa ingens NW Simmonds. Video pohon pisang yang tinggi menjulang ini diunggah oleh akun  instagram @ wowfact.id. Jika rata-rata tinggi pohon pisang biasa bisa tumbuh 2-5 meter saja, Musa ingens bisa mencapai ketinggian 25 meter.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/wowfact.id/

Pohon ini pertama ditemukan oleh warga Papua bernama Jeff Daniells pada tahun 1989. Saat ditemukan, tanaman pisang yang memiliki nama ilmiah Musa ingens ini mengejutkan banyak orang.

Diameter pohonnya mencapai 2 meter. Panjang pelepah daunnya bisa sampai 5 meter, dengan lebar daun 1 meter. Musa Ingens mampu menghasilkan setandan pisang seberat 60 kilogram. Panjang buahnya 18 cm dan berdiamater 3-4 cm.

Warga lokal sering memanfaatkan daun pisang Musa ingens sebagai atap rumah darurat di hutan, alas duduk, serta alas makanan. Pelepahnya juga biasa dimanfaatkan untuk menyimpan hasil buruan atau hasil kebun.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/wowfact.id/

Video yang menayangkan musa ingens yang didapuk sebagai pohon pisang terbesar di dunia ini ramai diperbincangkan oleh warganet

Mungkin kah ini salah satu pohon pisang jaman prasejarah”, ucap akun @ coto_makassar_ajiib.

D papua Barat ini kayaknya tempatnya d bagain Kali Mati. Saya biasa lewat dn sellu melihat pohon Pisang ini.😍😍”, ungkap akun @ kapitan_gurium1298.




Scroll to Top