Jelaskan Pengertian Ikhtiar, Ketahui Bentuk Serta Contohnya

"Pahami bentuk serta contoh dari ikhtiar berikut ini!"

Edukasi | 05 October 2022, 04:15
Jelaskan Pengertian Ikhtiar, Ketahui Bentuk Serta Contohnya

TamanPendidikan.com - Secara umum, ikhtiar dimaknai sebagai sikap seorang yang mengerahkan segala usaha yang dimilikinya. Sikap ikhtiar akan menjauhkan seorang dari rasa putus asa.

Ikhtiar berasal dari bahasa Arab yang berarti berusaha. Sedangkan secara istilah, ikhtiar bermakna segala perbuatan yang dilakukan manusia untuk mencapai sesuatu yang diinginkan serta dilakukan dengan sepenuh hati, sungguh-sungguh, dan dilaksanakan sesuai dengan syariat Islam.

Ikhtiar akan membuat seseorang memiliki kesempatan mendapat hal yang diinginkan. Baik keinginan untuk kebahagiaan di dunia atau bahkan kebahagiaan di akhirat.

Perintah ikhtiar telah disampaikan dalam Al-Qur'an surat Ar-Ra’du ayat 11 yang artinya "Sesungguhnya allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sampai mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri."

Bentuk Ikhtiar

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Setiap manusia selalu dihadapkan sebuah persoalan dalam hidupnya. Banyak dari mereka akan menyerah dan ada juga yang tetap berusaha untuk menyelesaikan persoalan tersebut dengan selalu berikhtiar.

Ada beberapa bentuk ikhtiar yang perlu kita ketahui untuk pengetahuan dan bekal kita dalam kehidupat sehari-hari, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Sungguh-sungguh

Setiap manusia hidup pasti memiliki sebuah target. Dengan demikian, sikap sungguh-sungguh sangat perlu menanamkan ditanamkan dalam benak kita masing-masing dengan harapan kita tidak mudah menyerah.

Sungguh-sungguh merupakan bagian dari ikhtiar. Apapun yang ingin kita raih, maka kita harus selalu berikhtiar atau bersungguh-sungguh untuk mencapainya.

2. Tidak Putus Asa

Setiap kehidupan pasti beiringan dengan sebuah permasalahan. Di situlah seseorang diuji dan tidak boleh mudah putus asa. Sikap tidak mudah putus asa merupakan bagian dari sebuah ikhtiar dari seseorang.

Anda dituntut harus segera bangkit dari keterpurukan tersebut serta menjadikan permasalahan tersebut sebagai pembelajaran.

3. Bekerja Keras

Bekerja keras dalam menggapai sebuah impian merupakan bagian dari sebuah Ikhtiar. Manusia harus selalu berusaha dengan mengerahkan segala kemampuan yang sudah diberikan oleh Allah SWT untuk meraih sesuatu yang diinginkan.

Dengan bekerja keras segala impian yang dicita-citakan suatu saat pasti segera terwujud. Tidak ada hal yang sia-sia selama manusia masih mau bekerja keras.

Contoh Ikhtiar

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Ikhtiar adalah hal yang sangat penting untuk dijalankan setiap umat manusia. Karena dengan ikhtiar seseorang akan memiliki peluang lebih besar dalam meraih hal yang diinginkan. Berikut ini adalah beberapa contoh ikhtiar dalam kehidupan sehari-hari, yaitu:

1. Seorang hamba yang rajin beribadah dengan harapan mendapat ridho Allah SWT.
2. Seorang hamba yang senantiasa bekerja keras dengan harapan  ingin sukses.
3. Seorang siswa yang giat belajar dengan harapan bisa mendapat prestasi di sekolah.
4. Seorang hamba yang sakit senantiasa berusaha mencari obat agar mendapat kesembuhan.
5. Seorang hamba yang bertobat dengan harapan diampuni segala dosa yang dilakukan.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network