Jelaskan Pengertian Kerajian, Berikut Jenis, Fungsi, dan Contohnya

"Apa itu kerajinan? Simak penjelasannya berikut ini"

Edukasi | 05 October 2022, 05:50
Jelaskan Pengertian Kerajian, Berikut Jenis, Fungsi, dan Contohnya

TamanPendidikan.com - Kerajinan merupakan suatu kegiatan yang menggunakan keterampilan tangan dan seni dalam membuat suatu barang yang memiliki fungsi atau juga nilai estetika yang tinggi sehingga dapat dijadikan pajangan.

Pendapat lain mengatakan bahwa kerajinan ialah salah sebuah hal yang dilakukan seseorang. Kerajinan akan membuahkan hasil berupa benda. Kerajinan yang tercipta tersebut memiliki nilai guna atau seni.

Tentu banyak versi dari setiap orang dalam memaknai sebuah kerajinan. Nah, berikut ini ada beberapa pendapat tentang kerajinan dari beberapa orang ahli.

Kerajinan Menurut Ahli

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Prof. SP. Gustami

Kerajinan merupakan bagian dari seni kriya yang merupakan warisan seni budaya yang adi luhung, yang pada zaman kerajaan di Jawa mendapat tempat lebih tinggi dari kerajinan.

Seni kriya dikonsumsi oleh kalangan bangsawan dan masyarakat elite, sedangkan kerajinan didukung oleh masyarakat umum atau kawula atit, yakni masyarakat yang hidup di luar tembok keraton.

Prof. Dr. I Made Bandem

Kerajinan merupakan sebuah "kriya" yang dalam bahasa Indonesia berarti pekerjaan (ketrampilan tangan). Di dalam bahasa Inggris disebut "craft" berarti energi atau kekuatan. Pada kenyataannya bahwa seni kriya sering dimaksudkan sebagai karya yang dihasilkan karena skill atau ketrampilan seseorang.

Kadjim

Kerajinan merupakan sebuah usaha. Usaha tersebut dilakukan secara terus menerus. Di samping itu, usaha akan dilakukan dengan semangat ketekunan, kegigihan, kecekatan dan berdedikasi tinggi. Serta berdaya maju yang luas di dalam melakukan sebuah karya.

Suprapto

Kerajinan merupakan sesuatu yang akan menghasilkan benda seni. Benda-benda seni tersebut memiliki kualitas. Hal ini membuat seseorang dalam proses pembuatannya melakukan dengan rasa keindahan. Selain itu, terdapat ide-ide murni yang menghasilkan produk berkualitas. Memiliki bentuk yang indah serta menarik.

Kusnadi

Kerajinan merupakan kata harfiah yang dilahirkan oleh sifat rajin yang dimiliki manusia. Dikatakan juga bahwa titik berat sebuah penghasilan atau pembuatan kerajinan bukan karena sifat rajin. Akan tetapi, karena sifat terampil dalam diri seseorang. Sifat terampil tersebut akhirnya akan menghasilkan sebuah produk kerajinan.

Keterampilan diperoleh dari pengalaman dan ketekunan dalam bekerja, sehingga dapat meningkatkan tehnik penggarapan suatu produk, kualitas kerja seseorang yang akhirnya memiliki keahlian bahkan kemahiran dalam profesi tertentu.

Timbul Haryono

Kerajinan ialah satu hal yang sama dengan seni kriya, yaitu mengerjakan sesuatu untuk menghasilkan benda atau obyek yang bernilai seni.

Jenis Kerajinan

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Kerajinan dibagi menjadi beberapa jenis, antara lain sebagai berikut:

1. Kerajinan dari Bahan Lunak

a. Bahan Lunak Alam

Bahan lunak alam merupakan bahan kerajinan yang didapat dari alam.

Contoh:

- Kulit telur,
- Tanah liat,
- Daun kering.

b. Bahan Lunak Buatan

Bahan lunak buatan merupakan bahan karya kerajinan yang sudah diolah oleh manusia.

Contoh:

- Lilin,
- Sabun,
- Plastik.

2. Kerajinan dari Bahan Keras

a. Bahan Keras Alami

Kerajinan dari bahan keras alami adalah kerajinan yang memakai bahan baku dari alam.

Contoh:
- Rotan,
- Kayu,
- Bambu,
- Biji-bijian,
- Pasir.

b. Bahan Keras Buatan

kerajinan dari bahan keras buatan berasal dari bahan yang sudah melalui proses pengolahan kembali.

Contoh:
- Logam,
- Besi,
- Kaca,
- Kawat,
- Semen.

3. Kerajinan dari Bahan Limbah Lunak

a. Limbah Lunak Organik

Limbah lunak organik adalah bahan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan.

Contoh:

- Kulit bawang,
- Kulit jagung,
- Kulit kacang,
- Kulit buah,
- Pelepah pisang.

b. Limbah Lunak Anorganik

Bahan-bahan olahan tersebut seperti campuran antara zat kimiawi. Dengan demikian, mudah untuk dibentuk dan diolah bersama bahan sederhana,

Contoh:

- Kotak kemasan,
- Plastik kemasan,
- Kain perca,
- Styrofoam,
- karet sintetis.

Fungsi Kerajinan

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Kerajinan diciptakan memiliki dua fungsi, antara lain sebagai berikut:

1. Fungsi Hias

Kerajinan dengan fungsi hias maksudnya adalah barang-barang kerajinan yang yang lebih menonjolkan sisi estetika dan keindahan dibandingkan fungsinya. Jadi, kerajinan ini biasanya digunakan sebagai pajangan.

Contoh:

- Patung,
- Miniatur,
- Hiasan dinding,
- Cinderamata.

2. Fungsi Pakai

Kerajinan dengan fungsi pakai maksudnya adalah barang-barang kerajinan yang lebih mengutamakan aspek fungsionalnya. Jadi, barang kerajinan tersebut dapat digunakan untuk membantu kebutuhan manusia.

Contoh:

- Tikar,
- Kursi kayu,
- Meja,
- Lampu hias.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network