Biografi

10 Jenderal Perang Paling Dikenal Sepanjang Masa

Terdapat pengukuran dalam menentukan kehebatan jenderal perang, salah satunya dengan mengukur skor atau prosentase kemenangan dari pertempuran yang dilakukan.

TamanPendidikan.com - Di balik kesuksesan peperangan terdapat jenderal hebat yang memiliki taktik luar biasa untuk mengalahkan musuh. Mulai dari sahabat nabi Muhammad, Khalid Ibn al-Walid sampai kaisar Perancis, Napoleon Bonaparte.

Terdapat pengukuran dalam menentukan kehebatan jenderal perang, salah satunya dengan mengukur skor atau prosentase kemenangan dari pertempuran yang dilakukan. Dikutip dari businessinsider.com. Berikut ini jenderal yang memiliki skor kemenangan terbanyak dan dijuluki sebagai jenderal perang terbaik yang dikenal sepanjang masa,

10. Alexander the Great
TamanPendidikan.com

Sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/Alexander_the_Great

Alexander adalah ahli strategi yang hebat. Meskipun hanya melakukan sembilan pertempuran, tapi penakluk dunia yang dikenal memiliki peringkat yang jauh lebih tinggi daripada para pemimpin lain dengan jumlah pertempuran yang sama, termasuk Shogun Tokugawa Jepang, Marsekal Lapangan Jerman Erwin Rommel, dan Jenderal Konfederasi J.E.B. Stuart.

9. Georgy Zhukov
TamanPendidikan.com

Sumber : https://www.britannica.com/biography/Georgy-Zhukov

Zhukov hanya memiliki satu pertempuran lebih banyak dari Alexander. Yang cukup menarik, skornya jauh, jauh di atas Gen. Douglas MacArthur dan Confederate Generals Jubal Early dan John Bell Hood.

8. Frederick the Great
TamanPendidikan.com

Sumber : https://www.thoughtco.com/biography-of-frederick-the-great-4161022

Memerintah selama lebih dari 40 tahun dan memimpin pasukan dalam sekitar 14 pertempuran di seluruh Eropa membuat penguasa Prusia ini  menempati posisi nomor 8 dalam daftar ini. Rata-rata per-pertempurannya juga lebih rendah dari Alexander tetapi, secara keseluruhan, dia memiliki taktik yang lebih baik.

7. Ulysses S. GrantTamanPendidikan.com

Sumber : https://thestrategybridge.org/the-bridge/2017/5/29/american-ulysses-and-the-rehabilitation-of-an-american-hero
Penampilan Grant dalam memimpin pasukan Union dalam 16 pertempuran membuatnya mendapat tempat ketujuh dalam daftar ini. Meskipun penampilannya di medan perang jelas jauh lebih baik daripada orang-orang sezamannya, perlu dicatat bahwa musuh bebuyutan Perang Sipilnya, Robert E. Lee, jauh di bawahnya dalam daftar sehingga dia sebenarnya memiliki skor negatif.

6. Hannibal Barca
TamanPendidikan.com

Sumber : https://medium.com/history-of-yesterday/hannibal-barca-7442e7c97444

Hannibal, yang pernah ditangkap oleh Scipio Africanus, diyakini telah memberikan sistem peringkatnya sendiri kepada Scipio, begitu keduanya mulai berbicara. Penilaian pribadinya tidak jauh dari kebenaran. Dia mendaftarkan Alexander Agung dan dirinya sendiri. Keduanya masuk sepuluh besar, bahkan berabad-abad kemudian.

5. Khalid Ibn al-Walid
TamanPendidikan.com

Sumber : https://panrita.news/2018/07/30/kisah-panglima-perang-yang-dipecat-karena-tak-pernah-berbuat-kesalahan/

Khalid adalah seorang sahabat Nabi Muhammad, dan salah satu pemimpin militer Kerajaan Islam yang paling cakap. Dalam 14 pertempuran, dia tetap tak terkalahkan melawan Kekaisaran Bizantium, Persia Sassanid, dan membantu menyebarkan Islam ke Timur Tengah yang lebih besar. Dibandingkan dengan orang lain yang bertempur dalam jumlah yang sama dalam pertempuran, skornya bahkan melampaui Frederick Agung.

4. Takeda Shingen
TamanPendidikan.com

Sumber : https://www.japanitalybridge.com/en/2019/07/japan-history-takeda-shingen/

Menjadi salah satu pemikir militer terbaik di Jepang feodal merupakan pencapaian yang perlu diapresiasi. Setelah 18 pertempuran, Tiger of Kai ini berkuasa di Jepang.

3. Arthur Wellesley, 1st Duke of Wellington
TamanPendidikan.com

Sumber : https://www.forces.net/military-life/fun/250-years-birth-duke-wellington-his-most-famous-moment

Musuh lama Napoleon, Duke of Wellington, memimpin 18 pertempuran, tetapi skor pertempurannya jauh lebih tinggi daripada Takeda Shingen, penantang terdekatnya.

2. Julius Caesar
TamanPendidikan.com

Sumber : https://library.trinity.wa.edu.au/Year7/HASS/LegacyofAncientRome/Law

Caesar tidak memiliki komando dalam banyak pertempuran seperti Shingen atau Duke of Wellington, tetapi skor pertempurannya mencerminkan lebih banyak risiko dan kelihaian dalam taktik medan perangnya.

1. Napoleon Bonaparte
TamanPendidikan.com

Sumber : https://italicsmag.com/2019/08/20/italians-of-the-past-napoleon-bonaparte/

Setelah 43 pertempuran, dia memiliki skor pertempuran lebih dari 16, yang membuat kompetisi kalah. Tidak diragukan lagi, Napoleon adalah jenderal taktis terhebat sepanjang masa, dan matematika membuktikannya.




Scroll to Top