Jelaskan Pengertian Tema dalam Karya Seni Rupa, Berikut Jenis, Fungsi, dan Pendapat Para Ahli

"Tema dalam karya seni rupa sangat dibutuhkan untuk menghasilkan karya yang bagus."

Edukasi | 20 October 2022, 04:10
Jelaskan Pengertian Tema dalam Karya Seni Rupa, Berikut Jenis, Fungsi, dan Pendapat Para Ahli

TamanPendidikan.com - Dalam dunia seni rupa, tema diartikan sebagai pelajaran, ide fundamental, atau pesan universal yang dieksplorasi di seluruh karya.

Biasanya, tema dalam seni rupa lebih tersirat daripada dinyatakan secara eksplisit. Temanya bisa tentang kehidupan, masyarakat, sifat manusia, atau subjek lainnya.

Salah satu karakteristik utama dari tema seni rupa adalah universalitasnya, yang berarti bahwa gagasan tersebut tidak hanya berlaku untuk karakter dan peristiwa tertentu dari sebuah karya tapi juga mengungkapkan kebenaran yang lebih luas tentang pengalaman manusia, serta dapat diterapkan oleh penikmat karya tersebut dalam kehidupannya sendiri.

Mengkutip dari buku Pendidikan Seni Budaya, Yudhi Tirta (2008: 3). Tema dalam karya seni rupa adalah gagasan, ide, ataupun isi yang terkandung di dalam karya seni rupam baik karya seni rupa dua dimensi, tiga dimensi, maupun relief.

Pengertian Tema Menurut Para Ahli

1. The Liang Gie (1976)

Secara garis besar tema merupakan ide pokok yang dipersoalkan dalam karya seni. Ide pokok suatu karya seni dapat dipahami atau dikenal melalui pemilihan subject matter (Pokok soal) dan judul karya.

Pokok soal dapat berhubungan dengan nilai estetis atau nilai kehidupan, yakni berupa objek alam, objek kebendaan, suasana atau peristiwa yang metafora atau alegori.

2. Stanton & Jenny C

Tema adalah topik, pokok bahasan, atau pesan sentral dalam sebuah narasi.

3. Mido

Tema adalah persoalan utama dari sebuah cerita. Temanya berbeda dari subjek itu sendiri. Subjek suatu karya dapat digambarkan secara konkret, biasanya melalui tindakan.

4. Menurut Kamus Istilah Pengetahuan Populer

Tema adalah pokok pikiran atau persoalan yang dipaparkan dalam suatu karya, atau bisa dibilang isi dari sebuah karya.

Jenis Seni Rupa

Seni rupa dibedakan menjadi tiga, yaitu seni rupa murni, atau seni murni, dan desain. Seni rupa murni mengacu kepada karya-karya yang hanya bertujuan untuk pemuasan ekspresi pribadi. Sedangkan seni kriya, lebih menitikberatkan kepada fungsi dan kemudahan produksi.

Fungsi Seni Rupa

Seni rupa murni atau fine art merupakan karya seni yang berfungsi untuk memuaskan batin atau di dalam penciptaannya lebih mengutamakan keindahan.

Sedangkan seni rupa terapan atau aplied art merupakan karya seni rupa yang mempunyai sebagai benda kebutuhan sehari-hari. Karya seni rupa terapan selain diciptakan sebagai benda praktis juga dapat dinikmati keindahannya.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network